white-head-pimple

 

Jaga kebersihan wajah baik ketika berjerawat atau tidak. Cuci wajah dua kali sehari untuk membersihkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih dari permukaan kulit wajah. Hati-hati supaya tidak mencuci wajah lebih dari dua kali karena justru akan merugikan. Gunakan air hangat dan cairan pembersih wajah yang lembut serta gosok kulit wajah dengan tangan yang bersih. Hindari menggosok kulit wajah dengan kain atau loofah yang berbahan kasar. Selalu bilas menyeluruh lalu pakai handuk yang bersih untuk mengeringkannya.

 

Lembapkan wajah sesuai dengan jenis kulitnya. Cari produk pelembap yang berlabel “noncomedogenic” untuk mencegah jerawat.

 

Coba pakai produk anti jerawat yang mengandung bahanbenzoyl peroxidesalicylic acid, glycolic acid, or lactic acid, yang mana mencegah bakteri dan membuat kulit menjadi kering. Bagi yang memiliki kulit sensitif diharapkan memakai produk ini dengan hati-hati.

 

Minimalkan pemakaian kosmetik. Saat waktu senggang, hindari pemakaian alas bedak, bedak tabur, atau perona pipi. Selalu bersihkan sisa kosmetik setelah memakainya. Ada baiknya untuk menggunakan kosmetik berbahan bebas minyak tanpa tambahan pewarna dan kimia.

 

Perhatikan parfum, minyak, pomade, atau gel yang dipakai untuk rambut. Jika produk tersebut tanpa disadari mengenai kulit wajah, bisa membuat iritasi. Gunakan sampo dan kondisioner yang lembut. Pastikan rambut tidak mengenai kulit muka bagi mereka yang berambut panjang karena kotoran dari rambut bisa pindah ke wajah sehingga menimbulkan jerawat.

 

Jangan sentuh wajah dengan tangan. Jangan pernah memencet jerawat dengan jari karena bisa menyebabkan infeksi dan luka.

 

Hindari paparan sinar matahari langsung terutama antara jam 10 pagi sampai 2 siang karena cahaya ultraviolet matahari bisa meningkatkan peradangan dan kemerah-merahan. Beberapa obat jerawat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Gunakan kemeja lengan panjang, celana panjang, atau topi serta krim tabir surya ber-SPF 30 atau lebih untuk menghindari kerusakan kulit karena paparan sinar matahari langsung.

 

Beri nutrisi untuk kulit dengan mengkonsumsi buah dan sayuran segar lebih banyak dan sering serta menghindari makanan sampah dan berminyak.

 

Olahraga yang teratur adalah baik untuk tubuh secara keseluruhan, termasuk kulit. Hindari pemakaian baju atau alat olahraga yang terlalu intens menggesek kulit karena bisa menyebabkan iritasi. Selalu ingat untuk mandi setelah berolahraga.

 

Hindari stres. Stres bisa memperparah jerawat. Saat sedang stres, cari solusi untuk menghilangkan stres tersebut.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jangan Sepelekan! Inilah Manfaat SPF yang Hakiki untuk Kulitmu

Aktivitas keseharian tentu tak akan lepas dari sengatan