z_Group Glamour Products

Dalam tiap produk kecantikan, ada ribuan bahan kimia yang diserap oleh tubuh kamu girls! Memang saat ini, industri produk-produk kosmetik telah diatur oleh pemerintah untuk menggunakan bahan-bahan yang disetujui. Namun, masih banyak bahan kimia yang disetujui tapi berdampak buruk jika digunakan hingga diserap tubuh secara terus-menerus. Alhasil, kamu bisa mengalami iritasi kulit sampai keracunan karsinogenik. Artikel ini akan memberitahu kamu, 5 bahan yang harus dihindari dalam produk kosmetik.

 

Paraben – meskipun memiliki fungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur pada produk kosmetik, paraben ini mirip zat esterogen. Sehingga, zat ini membawa resiko kanker payudara. Jika dilakukan pengambilan jaringan untuk diteliti dalam pasien dengan kanker payudara, zat ini umumnya muncul. Tidak hanya pada produk kosmetik, paraben juga bisa ditemukan dalam makanan.

 

Pewarna sintesis – jika kamu lihat pada label sebuah produk kosmetik dan melihat huruf FD&C atay D&C ini berarti pewarna buatan. Perwarna sintesis atau buatan dibuat dari petroleum dan tar dari batu bara. Banyak ahli mencurigai pewarna sintesis membawa karsinogen yang dapat memicu iritasi. Di Eropa pewarna ini sudah dilarang loh.

 

Triclosan – Triclosan digunakan secara luas sebagai bahan kimia antimikroba dan juga dapat menganggu sistem endokrin yang terdiri dari kelenjar penghasil hormon-hormon penting dalam mengatur kinerja tubuh.

 

Sodium lauryl sulfate (SLS) / Sodium laureth sulfate (SLES) – Bahan ini dapat ditemukan pada 90% produk perawatan tubuh dan kebersihan. Padahal dapat menyebabkan iritasi kulit, paru-paru dan mata. Yang paling mengkhawatirkan, jika tercampur dengan bahan kimia lain seperti nitrosamines. Jika tercampur dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan saluran pernapasan.

 

Formaldehyde – zat ini berguna untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Meskipun begitu, zat ini merupakan karsinogen bagi manusia. Dapat memicu kanker pada hidung dan organ pernapasan lainnya. Selain itu, zat ini juga berbahaya bagi sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan reaksi alergi yang hebat pada kulit.

 

So girls, kita harus hati-hati dalam memilih produk kosmetik dan perawatan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Lebih Dalam Tentang Dark Circle Serta Cara Untuk Menghilangkannya

Saat bermake up, mata menjadi salah satu bagian