Ketombe! Ada beberapa penyebab dari ketombe, yang paling sering terjadi adalah karena pertumbuhan bakteri dan jamur malassezia. Selain itu, juga karena kulit kepala yang kering dan mengelupas karena beberapa sebab. Salah satunya karena seborrheic dermatitis. Penyebab lain adalah penyakit eczema, psoriasis.

Untuk mengatasi sederet sebab dari ketombe di atas sampoo anti ketombe biasanya memiliki kandungan zinc pyrithione yang bisa mengatasi pertumbuhan jamur dan bakteri penyebab ketombe. Sayangnya, bahan zinc pyrithione pada shampoo anti ketombe sebenarnya bisa membuat kulit kepala lebih kering lagi dan merusak batang rambut.

Alternatif lain untuk mengatasi ketombe, selain dengan menggunakan shampoo anti ketombe adalah dengan 5 cara berikut ini.

1. Aspirin

Aspirin memiki kandungan salicylic acid yang juga banyak digunakan pada shampoo anti ketombe. Bahan ini pun disinyalir lebih ramah pada kulit kepala serta tak menyebabkan kerusakan pada rambut.

Untuk menggunakan aspirin sebagai anti ketombe, cukup hancurkan dua butir aspirin hingga berbentuk bubuk, setelah itu baru tambahkan pada shampoo yang biasa dipakai. Ketika digunakan, diamkan campuran shampoo dan aspirin selama beberapa menit sebelum dibilas hingga bersih.

2. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil memiliki banyak sekali manfaat pada tubuh. Untuk kulit, tea tree oil dipercaya memberikan kelembapan serta menjadi anti bakteri. Kandungan tea tree oil ini juga digunakan untuk banyak produk lain seperti pada shampoo. Namun bila produk shampoo kamu tak mengandung tea tree oil, bisa langsung ditambahkan sendiri kok. Hanya pastikan, yang digunakan adalah tea tree oil yang benar-benar organik dan alami ya.

3. Baking Soda

Baking soda juga memiliki kandungan aktif untuk memerangi malassezia yang menjadi penyebab ketombe. Kandungan ini bekerja aktif matikan jamur dan bakteri penyebab ketombe serta mengatasi gatal pada kulit kepala.

Cara menggunakan baking soda untuk mengatasi ketombe adalah dengan menggosokan baking soda pada kulit kepala, setelah itu diamkan selama beberapa menit. Baru dibilas hingga bersih.

Baking soda juga mampu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit kepala sehingga tak memicu kembali pertumbuhan jamur serta bakteri.

4. Cuka Apel

Bila bahan-bahan lain bekerja dengan cara yang cukup lambat, maka cuka apel mampu melawan ketombe dengan cepat dan mudah. Bahan satu ini mampu mengganti pH pada kulit kepala hingga memperlambat pertumbuhan jamur dan bakteri. Cara pakainya juga gampang, cuma perlu campur cuka apel dengan air lalu semprotkan pada rambut dan kulit kepala.

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa murni rupanya tak hanya bisa melembutkan kulit dan melawani penuaan. Memijat kulit kepala dengan minyak kelapa dan kemudian mendiamkannya selama satu jam sebelum dicuci bersih rupanya bisa memerangi pengelupasan kulit kepala. Jangan lupa dibilas hingga bersih ya!

Baca juga 5 Kebiasaan Ini Bakal Bikin Rambutmu Tumbuh Lebih Cepat. Yang Punya Rambut Tipis Gak Perlu Sedih Lagi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Natural Remedies yang Bisa Membuat Kulit Wajah Kamu Terlihat Lebih Baik Pada Pagi Hari

Terlepas dari jenis atau warna kulitnya, terbangun dengan