Hayoo siapa yang tidak pernah absen dari lipstick setiap hari? Hampir semua wanita pasti selalu memakai lipstick setiap hari. Karena selain warnanya yang menggoda, sepertinya riasan wajah juga terasa tidak lengkap jika tidak memakai lipstick. Bahkan beberapa orang rela tidak menggunakan make up apapun yang penting dia memakai lipstick. Karena jika tidak memakai lipstick, orang akan terlihat pucat dan wajahnya tidak cerah. Intinya, wanita memang tidak bisa hidup jika tidak menggunakan lipstick. Tetapi apakah kamu juga merawat bibir serajan memakai lipstick? Sepertinya tidak. Padahal merawat bibir itu penting lho. Jangan sampai kamu hanya merawat bibir saat bibir sudah kering dan pecah-pecah. Nah agar terhindar dari bibir pecah-pecah, kamu harus mengetahui apa saja penyebabnya. Dan biasanya hal ini tanpa sadar sering kamu lakukan, antara lain:

  1. Terlalu Sering Menggunakan Pewarna Bibir

Lipstick matte memang sedang menjadi tren, tetapi jenis lipstick ini cenderung membuat bibir kering dan pecah-pecah setelah dipakai. Jika kamu memang penggemar lipstick ini. Cobalah untuk menguranginya terlebih dahulu. kalau memang harus memakainya, kamu bisa memakai alas lip balm sebelum menggunakan lipstick matte. Atau kamu bisa memilih lipstick matte yang mempunyai kandungan pelembap. Dan jangan sampai kamu membiarkan lipstick tetap menempel saat tidur.

  1. Terlalu Berlebihan Mengonsumsi Vitamin A

Walaupun tubuh kita memang mmbutuhkan vitamin, tetapi segala sesuatu jika berlebihan akan berdampak yang tidak baik. Dan jika kamu mengalami bibir pecah-pecah walaupun rutin mengonsumsi vitamin, bisa jadi kamu kelebihan mengonsumsi vitamin. Coba cek suplemen kamu, apakah mengandung vitamin A? karena dalam keadaan yang normal, sebaiknya tubuh mendapat vitamin A sebesar 5000 International Unit (IU) per hari. Tetapi jika kamu mengonsumsi vitamin sebesar 25.000 IU per hari melalui suplemen yang diminum, maka akan menyebabkan bibir kamu pecah-pecah.

  1. Dehidrasi

Saat kamu mengalami dehidrasi, biasanya bibir akan menunjukkan tanda pertama kali. Karena bibir tidak mempunyai kelenjar minyak yang tetap menjaga kelembapan seperti kulit tubuh. Jadi kamu harus membiasakan untuk meminum air sekitar  delapan gelas setiap hari, agar tubuh tidak dehidras dan membuat bibir pecah-pecah.

  1. Kebiasaan Membasahi Bibir

Kebiasaan kamu saat bibir kering adalah menjilatnya agar bibir menjadi basah. Tetapi kebiasaan ini sebenarnya tidak baik dan harus dihindari. Karena dalam air liur tidak mengandung pelembap, sehingga tidak dapat mengurangi penguapan air pada bibir. Jadi kebiasaan kamu menjilat bibir, bukan membuat bibir lembap malah membuat bibir semakin kering.

  1. Kebiasaan Mendengkur

Saat kamu mempunyai kebiasaan mendengkur, berarti proses pernapasan terjadi melalui mulut. Dengan keluarnya udara dari mulut, akan membuat bibir menjadi kering karena proses penguapan yang lebih cepat. Sehingga bibir kamu menjadi pecah-pecah setelah bangun tidur. Jadi jika kamu mempunyai kebiasaan mendengkur, kamu bisa memakai lip balm sebelum tidur.

Baca juga Sebelum Bermimpi Punya Bibir Indah Seperti Kylie Jenner, Hindari Dulu Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kecantikan Bibirmu!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Yuk Cegah Keriput Disekitar Mata dengan Minyak Essential Ini

Area dekat mata kamu dianggap sebagai bagian tubuh