seaweed

Untuk sebagian orang, rumput laut (seaweed) hanyalah setumpuk sampah laut yang terbawa arus hingga ke pantai.

Namun, untuk sebagian lain, rumput laut menjadi komponen kuliner yang lezat dari hidangan Asia, termasuk wakame, salad yang dibuat dari rumput laut, cuka beras (Ice vinegar), dan kedelai.

Homeopaths dan orang-orang yang mencari solusi alami untuk mengobati berbagai penyakit juga menggunakan rumput laut sebagai bagian dari rangkaian perawatan kulit.

Rumput laut kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Rumput laut dapat dimakan langsung atau digunakan pada kulit sebagai agen penguat dan exfoliant alami.

Apabila digunakan dengan tepat, rumput laut memberikan banyak manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut.

Berikut adalah beberapa manfaat rumput laut untuk kecantikan kulit dan rambut:

  1. Mengatasi Jerawat

Rumput laut memiliki sifat sebagai anti-inflamasi alami, sehingga dapat menenangkan peradangan yang disebabkan oleh jerawat yang memerah dan menyakitkan.

Menurut American Academy of Dermatology, jerawat disebabkan oleh pelepasan sebum, atau minyak, yang mencegah kulit mengalami kekeringan.

Jerawat adalah peradangan pada pori-pori kulit, dimana minyak terperangkap, sehingga muncul komedo, whiteheads, jerawat, atau kistik jerawat.

Efek anti-inflamasi pada rumput laut dapat mengurangi pembengkakan pada jerawat. Selain itu, rumput laut juga dapat digunakan sebagai exfoliant alami untuk mengangkat sel kulit mati yang dapat memblokir pori-pori.

  1. Menyehatkan Rambut

Tidak peduli berapa banyak produk styling dan alat yang digunakan, Anda tidak akan pernah memiliki rambut yang hebat jika rambut Anda tidak sehat.

Semua kandungan mineral dalam rumput laut dapat meningkatkan kesehatan rambut.

Cukup pijat kulit kepala dengan rumput laut, dan kandungan mineral dalam rumput laut akan menyehatkan folikel rambut serta membuat setiap helai rambut Anda menjadi kuat dan sehat.

  1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Jika pertumbuhan rambut tidak sesuai dengan yang diharapkan, maka rumput laut dapat membantu untuk menangani masalah tersebut.

Rumput laut kaya akan kandungan iodium, sehingga dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Meskipun ada banyak alasan mengapa orang mulai kehilangan rambut mereka, salah satu yang paling umum dan sering diabaikan adalah karena kekurangan iodium.

Perubahan diet yang sederhana mungkin dapat mengubah semua yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Manfaat lainnya bila rumput laut diterapkan langsung ke rambut, kandungan iodium dalam rumput laut dapat melawan bakteri dan jamur mikroskopis yang menggerogoti folikel rambut yang membuat rambut terlihat lebih tipis.

  1. Mengurangi Racun

Ketika racun tersimpan dalam kulit, akan membuat kulit terlihat kusam dan tidak indah dipandang. Untuk mendapatkan kulit yang tampak sehat dan segar, kita harus menyingkirkan racun yang ada.

Menerapkan rumput laut pada kulit dan membiarkannya untuk beberapa waktu dapat menarik keluar semua kelebihan cairan, sel kulit mati, dan racun pada kulit.

Selain bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari kulit, rumput laut juga dapat menjadikan kulit lebih halus dan lembut.

  1. Mengatasi Selulit

Hampir semua perempuan benci dengan kata ‘sellulit’, karena dianggap menganggu penampilan seseorang.

Oleh karenanya, berbagai upaya dilakukan untuk menyingkirkan selulit dari semua bagian tubuh.

Salah satu solusi alami untuk mengatasi selulit adalah dengan menggunakan rumput laut. Rumput laut dapat membuat kulit menjadi lebih kenyal dan elastis, dua hal yang dapat membantu menghilangkan selulit.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ketahui Dulu Jenis Kulit Kamu, Jangan Sampai Salah Memilih Masker Yang Sesuai

Jika membicarakan kecantikan wanita, maka selalu saja menghubungkannya