Apa kamu pernah dengar tentang kutu di kasur? Kutu bisa ada di mana-mana termasuk di kasur kamu. Meskipun bed bugs atau kutu kasur tidak membawa penyakit menular seperti virus atau bakteri, mereka tetap bisa menjadi gangguan dan bahkan menyebabkan beberapa masalah kesehatan, lho.  Masalah kesehatan tersebut bisa jadi dari reaksi fisik, seperti ruam atau alergi, hingga efek psikologis, seperti kecemasan, stres dan insomnia. Tentu alasan-alasan ini lebih dari cukup untuk membuat kutu kasur tidak disukai orang-orang, termasuk kamu.

Beberapa hal di bawah ini akan membantu kamu menemukan tanda-tanda keberadaan kutu kasur. Sebelum kutu menyebar, ada baiknya kamu lebih dahulu membasmi kutu itu. Inilah beberapa tanda yang harus kamu waspadai :

  • Bintik Merah dan Gatal

Jika kamu memiliki iritasi kulit atau jika kamu mengalami gatal berupa bintik kecil berwarna merah di wajah, lengan, kaki, dada, atau punggung, itu adalah salah satu tanda bahwa ada kutu di kasur dan sofa kamu.  Bintik merah itu adalah gigitan yang nantinya bisa meradang. Jika kamu menggaruknya, bisa-bisa terjadi perdarahan dan infeksi.

Untuk memastikan bahwa kamu memiliki kutu kasur, lihat pola gigitannya.  Kutu kasur sering muncul dalam kelompok, baris lurus, dan garis zig-zag.  Namun, beberapa orang mungkin tidak memiliki reaksi fisik terhadap kutu kasur, sehingga mereka tidak akan memiliki bintik-bintik merah atau gatal di tubuhnya.

  • Noda Darah atau Noda Berwarna Karat

Periksa bintik-bintik merah di tempat tidur atau di pakaian kamu.  Jika kamu tidak sengaja menindih kutu kasur, itu akan meninggalkan noda darah.  Kamu mungkin juga menemukan bintik-bintik berwarna karat.  Itu adalah  kotoran bed bugs.

Kamu dapat menemukannya di seprai kamu, juga di tempat-tempat yang lebih sulit dijangkau, seperti lapisan kasur, bahkan kayu.  Periksa juga dinding dan di bawah wallpaper kamu, karena bed bug dapat meninggalkan kotoran di sana juga.

  • Bau Apek

Bed bug memiliki kelenjar aroma yang melepaskan feromon, dan jika ada banyak, aromanya bisa sangat kuat dan tidak menyenangkan.  Jadi jika kamar kamu berbau seperti pakaian berjamur atau makanan busuk, kamu memiliki alasan untuk khawatir ada bed bugs di kamar kamu.

  • Kulit Bed Bugs di Tempat Tidur

Kutu kasur melepaskan kulit mereka ketika mereka tumbuh, jadi periksa bantal tempat tidur kamu, kasur, kursi, sofa, dan di antara bantal.  Pastikan juga untuk memeriksa laci dan pakaian kamu. Jika kamu menemukan bekas kulit kutu kasur, berarti ada kutu di kamarmu.

  • Bintik-Bintik Putih di Furnitur

Jika kamu melihat bintik-bintik putih pada furnitur kamu, itu mungkin telur kutu atau telur cacing.  Mereka berbentuk seperti butiran beras, dan mereka memiliki warna transparan atau putih yang terkadang mengkilap.

KamuKamu mungkin bisa melihat mereka dengan mata telanjang.  Tetapi tentu akan lebih baik untuk memeriksa kamar kamu dengan senter dan kaca pembesar, karena telur-telur itu sering diletakkan di sambungan dan jahitan kasur atau furnitur kamu.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/terganggu-karena-kutu-kenapa-tidak-kamu-coba-atasi-dengan-minyak-kelapa/

http://www.tampilcantik.com/mungkinkah-menyingkirkan-kutu-dengan-menggunakan-mayones-semua-pasti-mungkin/

http://www.tampilcantik.com/minder-karena-kutu-rambut-tenang-perawatan-ini-akan-membasminya-secara-permanen/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Inilah Tips untuk Traveling yang Ramah Lingkungan

Kamu sedang merencanakan liburan akhir tahun? Kota mana