Oily-Skin-Care-for-Your-Natural-Beauty-Face-585x396

Kulit wajah yang berminyak tak boleh menghambat kamu untuk tampil ber-make up. Asalkan tau tipsnya, pasti make up akan melekat tahan lama (tidak cepat pudar) di kulit kamu, apapun jenis kulitnya. Berikut 8 langkah ber-make up untuk kulit berminyak, yang direkomendasikan para dokter kulit dan ahli tata rias:

1 – Gunakan Make Up Primer Terlebih Dahulu

Bila kamu memiliki kulit wajah yang berminyak, gunakan make up primer untuk membuat riasan yang kamu pakai setelahnya tahan lama. Paling tidak untuk area-area berminyak seperti daerah T, dahi, hidung, serta dagu gunakan make up primer anti kilap dan bebas minyak, setelah sebelumnya wajah kamu dibersihkan, sebelum penggunaan alas bedak, bedak, dan make up lainnya.

2 – Sediakan Kerta Minyak

Agar make up sekitar mata terlihat halus, hindari penggunaan cocealer pada kelopak mata, meskipun banyak para wanita menggunakannya untuk menutupi lingkaran hitam atau kemerahan di area tersebut. Sebaiknya gunakan make up primer yang telah dirancang khusus untuk kelopak mata, sebagai dasar make up untuk menyempurnakan riasan eye shadow dan eye liner.

3 – Gunakan Bedak Secukupnya

Meggunakan bedak cukup tebal tampaknya solusi yang benar untuk mengatasi hal ini, namun ternyata dengan melakukan hal ini justru dapat membuat pori-pori kamu mengeluarkan minyak lebih banyak. Jika tsudah terlanjur menggunakan bedak tebal, kamu dapat membasahi spon lalu ulaskan pada bagian yandiberi bedak tebal tadi.

4 – Kertas Minyak

Walaupun kamu telah ber-make up sempurna di pagi hari, jika kamu memiliki kulit wajah yang berminyak, make up kamu tetap akan terlihat mengkilap saat siang hari. Solusinya adalah dengan menyiapakan beberapa lembar kertas minyak untuk mengangkat minyak tersebut dari kulit kamu. Siapkan juga sedikit bedak untuk diulaskan pada area yang mengkilap.

Trik penggunaan kertas minyak agar tidak menghapus riasan adalah dengan menekan kertas di atas bagian kulit wajah kamu yang berminyak, bukan dengan menggosoknya.

5 – Pilih Produk yang Bebas Minyak

Jika kulit kamu sangat berminyak, gunakanlah make up (khususnya foundation dan blush on) yang bersifat noncomedogenic dan bebas minyak, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori saat dipakai. Gunakan juga cleanser dan toner dengan campuran asam glikolat untuk mengurangi kelebihan minyak.

6 – Gunakan Produk yang Berlabel “Tahan Lama”

Baik air maupun minyak, keduanya sama-sama dapat merusak riasan, karena itulah banyak kosmetik terutama produk untuk mata dilabeli anti/ tahan lama seperti: “waterproof” atau “water resistant” atau “long lasting“. Salah satu kombinasi terbaik adalah penggunaan eyeliner water resistant (anti air) dengan eyeshadow setelah sebelumnya dibeli alas make up primer.

7. Gunakan Pelembab bukan Pelicin

Krim yang berat seperti anti-aging boleh kamu gunakan, tapi hanya pada malam hari saja. Sebelum ber make-up sebaiknya gunakan pelembab yang ringan saja untuk melembabkan tanpa membuat wajah kamu berminyak.

Jangan lupa gunakan juga tabir surya, yang bebas minyak tentunya. Setelah mengoleskan tabir surya, ambil tisu lalu tempelkan pada kulit wajah yang telah diberi tabir surya. Tekan perlahan hingga kelebihan minyak terserap. Lakukan hal itu sebelum kamu memberi foundation pada wajah.

8 – Kurangi Kelebihan Minyak

Lakukanlan maskeran pada wajah secara rutin 1-2 x seminggu sebagai perawatan wajah kamu. Masker terbaik untuk kulit berminyak terbuat dari kaolin atau lumpur bentonit, karena bahan tersebut secara alami dapat menyerap minyak dan kotoran serta meredakan iritasi.

Cara memakainya seperti biasa, oleskan masker pada seluruh wajah kamu, diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu kamu dapat membilasnya dengan air hangat.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Lebih dalam Tentang Bedak Translucent Dan Manfaatnya

  Wanita tentu tak akan bisa dilepaskan dari