Lendir siput? Ewww, Jijik! Eitss, tapi nanti dulu. Mungkin jika kamu tahu zat-zat apa saja yang terkandung di dalamnya dan apa saja manfaatnya kamu akan berubah pikiran. Bangsa Yunani kuno sudah pernah menggunakannya untuk keperluan medis karena lendir siput memiliki kandungan antimicrobial. Selain itu, lendir siput juga kaya akan kandungan kolagen, hyaluronic acid, enzim glycoprotein, proteoglycans yang membantu regenerasi kulit dan menyembuhkan luka. Tak heran bila beberapa tahun terakhir, industri kecantikan baik di Korea hingga US sudah banyak mengadaptasi perawatan serta produk kecantikan yang menggunakan lendir siput ini untuk kulit wajah. Selebriti hollywood seperti Katie Holmes bahkan dilansir menggemari perawatan unik ini. Nah, satu lagi kabar baik untuk kamu, karena lendir siput juga memiliki khasiat yang luar biasa untuk rambut.

lendir bekicot siput

1. MENGUNCI KELEMBAPAN

Secara biologis, sekresi lendir siput adalah suatu usaha agar siput dapat menjaga permukaan kulitnya yang lunak tetap lembap. Ekstrak lendir siput ini pun mengandung 90% air yang bercampur protein serta polimer yang menjaga kadar kelembapan sehingga dapat menjaga rambut agar tidak kering dan kusam.

 

2. MELINDUNGI RAMBUT DARI KERUSAKAN

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan rambut seperti radiasi UV, kadar polusi, radikal bebas hingga banyaknya penggunaan alat rambut yang melibatkan panas. Karakteristik protein dan polimer yang terkandung dalam lendir siput dapat membentuk lapisan pelindung sehingga rambutmu terjaga dari hal-hal yang beresiko merusak rambutmu.

 

3. MELEMBUTKAN DAN MENGHALUSKAN BATANG RAMBUT

Selain melindungi batang rambut, lendir siput juga dapat memperbaiki dan menambal struktur rambut yang rusak berkat kandungan kolagen dan protein yang tinggi. Rambut pun menjadi lebih halus.

 

4. MENJAGA KILAU RAMBUT

Saat struktur rambut membaik dan terlindungi, maka permukaan batang rambut pun menjadi lebih rata sehingga memantulkan cahaya dan terlihat berkilau.

 

5. MENGURANGI RAMBUT KUSUT

Lendir siput yang disekresikan memiliki efek lubricant untuk mengurangi gesekan saat siput bergerak. Hal ini juga berlaku pada rambut. Efek lubricant yang dimiliki lendir siput akan membuat rambut lebih mudah saat disisir dan mengurangi resiko rambut patah.

 

6. MENYEJUKKAN KULIT KEPALA

Sejak jaman Yunani kuno, lendir siput sudah digunakan untuk kepentingan medis seperti mempercepat proses penyembuhan dan mencegah bekas luka akibat jerawat, infeksi kulit dan luka bakar. Karakteristiknya yang menenangkan kulit juga memiliki manfaat untuk menyejukkan kulit kepala yang bermasalah, terutama yang terkena panas maupun yang sedang mengalami inflamasi.

7. MENJAGA STRUKTUR RAMBUT, TERUTAMA RAMBUT KERITING

Lendir siput terdiri dari 2 tipe cairan mucus. Yang pertama bersifat lebih cair dan berfungsi sebagai efek lubricant yang dapat melembapkan dan menghaluskan rambut. Yang kedua bertekstur seperti natural gel yang memiliki fungsi adhesive. Hal inilah yang dapat menjaga bentuk dan struktur rambut, terutama rambut keriting.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Suka Mewarnai Rambut? Ternyata Ini Hal Penting yang Wajib Diketahui Setelah Rambut Diwarnai

Suka Mewarnai Rambut? Ternyata Ini Hal Penting yang