Ramadhan diperingati oleh umat Islam di seluruh dunia sebagai periode puasa untuk memperingati saat-saat terbaik. Dan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat selama bulan Ramadhan, kita perlu menjaga pola makan kita. Sehingga, kita harus memilih makanan terbaik yang kita konsumsi.

Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Berpuasa?

Selama berpuasa, glukosa yang disimpan dalam tubuh memberikan energi dan mengganti energi yang dibutuhkan untuk berbuka puasa dengan makanan yang kaya nutrisi. Dengan jam puasa yang panjang, sangat sulit untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Tetapi bukan berarti tidak bisa.

Yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan makanan sehat yang dibuat dengan bahan-bahan segar yang akan memberikan tubuh kamu banyak vitamin dan mineral.

dan supaya tubuh kamu tetap mendapatkan nutrisi yang semestinya. sebaiknya kamu mengikuti beberapa tips ini.

Makanan Terbaik Untuk Puasa Ramadhan: Apa yang Harus di Makan dan Apa yang Harus Dihindari?

Makanan yang Harus kamu Makan Adalah Sebagai Berikut:

  1. Buka puasa dengan kurma karena mudah dicerna dan tidak menghabiskan metabolisme setelah seharian penuh berpuasa. Selain itu, kurma mengandung gula, serat, dan mineral yang tinggi dan karenanya merupakan sumber energi yang cepat. Selain itu, kurma membantu mengobati sembelit yang mungkin terjadi karena perubahan waktu makan atau asupan serat rendah selama puasa.
  2. Mengonsumsi porsi kecil sup, sebaiknya terbuat dari sayuran dan cobalah untuk menghindari yang berbasis krim. Minumlah sup kamu perlahan, dan ini akan membantu sistem pencernaan kamu dalam memproses makanan dan mencegah kamu makan berlebih. Pastikan sup kamu terdiri dari sayuran seperti brokoli, bayam, kacang polong, kacang hijau, labu, dan wortel.
  3. Jangan lupa untuk memasukkan salad sayuran campuran ke dalam diet kamu. Makan salad segar dengan mangga hijau dan hidangan panggang atau dibumbui dibumbui dengan rempah-rempah seperti jahe, dan kapulaga akan meningkatkan metabolisme kamu.

Makanan Yang Harus Dihindari Adalah Sebagai Berikut:

  1. Makan berlebih dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan berat badan. Jadi. pelan-pelan, kunyah, dan nikmati setiap potongan yang kamu makan.
  2. Hindari makan makanan yang digoreng, asin, tinggi gula, serta makanan tinggi lemak, karena mereka meningkatkan rasa haus. Hidangan yang dimasak dengan teknik seperti memanggang, dan mengukus akan membuat kamu merasakenyang lebih lama.
  3. Kurangi minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda karena ini memiliki efek diuretik dan meningkatkan kehilangan cairan.Sehingga kamu akan terlalu sering buang air kecil dan tubuh kamu akan kekurangan cairan.

Nah, buat kamu yang ingin selalau memiliki tubuh yang sehat dan bugar, jangan lupa untuk mengikuti tips ramadhan ini ya.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Rasa Logam di Lidah? Ini Kemungkinan-Kemungkinan Alasannya Kamu Alami Dysgeusia

Apakah mulutmu merasakan seolah-olah kamu selama ini nyemil