Seperti yang kita tahu, gigi tak hanya sebagai penghancur makanan saja. Gigi juga merupakan salah satu bagian tubuh yang bisa membuat kita makin cantik, terutama saat kita memakai lipstik. Apalagi, jika gigi tersebut bersih, putih, sehat dan bebas dari masalah gigi berlubang atau keropos. Untuk mendapatkan gigi yang sehat dan mengesankan sendiri, sebenarnya bisa dilakukan dengan banyak hal. Salah satu hal tersebut adalah dengan perawatan gigi yang baik.

Mengenai perawatan gigi, hal ini bisa kamu lakukan di klinik atau juga di rumah. Untuk perawatan gigi di rumah, usahakan untuk menggosok gigi secara teratur dan menghindari beberapa aktivitas yang akan merusak serta memperburuk kesehatan gigi. Berikut aktivitas sehari-hari yang tanpa kamu sadari dapat merusak gigi.

 

  1. Mengunyah Es Batu

ice-cube

Mengunyah es batu memang memiliki sensasi yang mengesankan dan bikin senang. Tapi, jika hal ini terlalu sering dilakukan, ini bisa merusak kesehatan gigi. Tak hanya mengunyah es batu yang bikin gigi rusak, menempatkan es batu pada sirup buah dan soda juga akan membuat gigi rentan rusak juga linu.

 

  1. Olahraga Tanpa Menggunakan Pelindung Gigi

custom-mouthgaurd

Memang, olahraga merupakan salah satu aktivitas yang bikin tubuh lebih sehat, bugar dan mengesankan. Tapi, saat melakukan olahraga usahakan untuk memakai pelindung gigi ya. Para ahli mengungkapkan bahwa aktivitas olahraga dan tidak memakai gigi akan memungkinkan gigi mudah rusak. Terlebih lagi, jika olahraga ini merupakan olahraga berat seperti halnya tinju, gulat, pencak silat dan sejenisnya.

 

  1. Minuman Berkafein

Ketika sibuk bekerja, tidak jarang seseorang akan konsumsi minuman berkafein berupa teh atau kopi. Tak hanya ketika bekerja, banyak orang suka konsumsi teh dan kopi setiap hari. Asal kita tahu Ladies, minuman yang mengandung kafein sebenarnya merupakan minuman yang mudah sekali menyebabkan kerusakan pada gigi. Dalam penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Dentistry dan Journal of Dental Association mengungkapkan bahwa kerusakan gigi akibat kafein antara lain adalah gigi kuning, gigi keropos dan gigi berlubang.

 

  1. Mengunyah Permen

Makan-Permen-Karet

Rasa manis permen memang sering kali membuat siapa saja merasa nyaman dan senang. Permen juga merupakan salah satu makanan yang bisa dinikmati kapan saja serta dimana saja. Tapi, jangan sering-sering konsumsi permen jika kamu tak ingin kamu rusak dan sakit. Para ahli mengungkapkan bahwa permen adalah salah satu makanan yang membuat gigi rusak parah dengan waktu yang sangat cepat. Bahkan, mengunyah permen akan membuat kerusakan gigi lebih buruk sebesar 50 persen.

 

  1. Menyikat Gigi dengan Sikat Gigi Berbulu Keras

Menyikat-gigi-yang-baik

Menyikat gigi adalah salah satu aktivitas yang harus dilakukan setiap hari. Dalam sehari, seseorang disarankan untuk menyikat gigi sebanyak dua kali yakni setelah makan dan sebelum tidur. Karena menyikat gigi adalah aktivitas wajib setiap hari, pastikan untuk memilih sikat yang lembut dan baik buat kesehatan gigi kamu. Jangan sampai, sikat gigi yang kamu gunakan memiliki bulu yang kasar. Para peneliti mengungkapkan bahwa sikat gigi yang kasar bisa membuat gigi mudah rusak, keropos hingga patah.

 

Itulah beberapa aktivitas sehari-hari yang menyebabkan gigi rusak, Ladies. Hindarilah aktivitas tersebut agar gigi kamu tetap sehat, kuat, dan bersih ya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Rasa Logam di Lidah? Ini Kemungkinan-Kemungkinan Alasannya Kamu Alami Dysgeusia

Apakah mulutmu merasakan seolah-olah kamu selama ini nyemil