Anemia adalah sebuah kondiisi dimana kamu tidak memiliki cukup sel darah merah untuk mengusung oksigen ke seluruh tubuh, dan ada banyak sekali bentuk dari kondisi ini. Beberapa orang, termasuk mereka yang  mengalami kondisi seperti anemai sel sabit atau talasemia, terlahir dengan kondisi ini, secara genetik tubuh mereka kesulitan memproduksi sel darah merah atau bagian spesifik dari sel darah merah. Namun, banyak orang yang menderita anemia yang terjadi seiring mereka hidup, karena kekurangan konsumsi zat besi atau vitamin B12, yang bersama dengan folat, sangat diperlukan untuk memmproduksi sel darah yang sehat. Apakah kamu diam-diam menderita anemia? Berikut adalah berbagai gejala anemia yang tak boleh kamu abaikan.

Kamu sering kehabisan napas atau pening

Tanpa zat besi atau vitamin B12 yang cukup, tubuhmu tidak bisa memproduksi protein spesifik yang dinamai hemoglobin, yag begitu krusial dalam fungsi sel darah merah. Hemoglobin, yang juga merupakan zat besi kaya yang membuat darah berwarna merah, mengijinkan oksigen untuk terikat dengan sel sehingga sel bisa membawanya ke dalam aliran darah di seluruh tubuh. Ketika kamu tidak memiliki zat besi atau vitamin C yang cukup untuk menciptakan hemoglobin, beberapa bagian tubuh tidak akan menerima oksigen yang dibutuhkannya. Akibatnya, kamu gampang kehabisan napas. Dan jika oksigen yang sampai ke kepalamu kurang, kau jadi merasa pening.

Kamu selalu begitu lelah

Salah satu gejala anemia yang paling umum dan jelas adalah merasa kelelahan sehari-hari. Kelelahan adalah gejala yang paling umum. Namun, tantangan mengenali gejala ini adalah setiap orang tidak memiliki pengalaman yang sama dalam mengobservasinya. Beberapa orang hanya sekedar merasa lebih lelah, beberapa lainnya akan merasakannya ketika melakukan aktivitas. Kelelahan ini terjadi karena proses yang sama dengan napas pendek dan pening: tanpa vitamin B12 atau zat besi yang cukup, tak ada cukup hemoglobin yang membawa oksigen yang memberi tenaga pada tubuh.

Kulitmu kelihatan pucat

Jika kamu tidak memiliki sel darah merah sehat untuk memberi tenaga pada organ-organmu lewat oksigen, maka jelas organ yang paling besar dalam tubuhmu akan terlihat tidak sehat. Tanpa zat besi atau vitamin B12, mungkin tidak ada banyak cukup asupan darah untuk kulitmu. Akibatnya, kulitmu bisa terlihat pucat, dan bahkan kuning.

Kamu merasa sakit di area dada

Ketika ada lebih sedikit sel darah merah yang bersikulasi di tubuh, jantungmu harus bekerja begitu keras untuk menggerakkannya ke seluruh tubuh. Akibatnya, jantungmu berdetak lebih cepat dari normal dan kamu mungkin merasa beban seperti sakit dada. Gejala anemia ini bisa jadi masalah besar jika kamu juga memiliki masalah jantung.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Olahraga yang Efektif Untuk Mengurangi Lemak Samping

Bagi kamu yang sedang berusaha untuk mengurangi berat