mandi

Mandi merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan semua orang, bisa tiga kali dalam sehari atau dua kali dalam sehari. Selain berguna untuk membersihkan tubuh, mandi juga dapat menyegarkan tubuh ketika tubuh lelah dan berkeringat. Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda saat mandi, ada yang suka berendam ada juga yang suka menggunakan shower agar mandi terasa lebih menyegarkan.

Tapi tahukah kamu ternyata menurut para ahli mandi menggunakan shower lebih boros air ketimbang mandi menggunakan gayung karena seringkali kita tidak menyadari banyaknya air yang mengucur begitu saja. Tapi masalahnya bukan ini, yang lebih penting adalah mandi pakai shower ternyata berbahaya bagi kesehatan loh.

Hal ini telah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang ditulis dalam American Journal of Respiratory and Critical Care yang menyebutkan, kepala shower hingga selangnya menjadi tempat favorit bakteri bernama nontuberculous mycobacteria (NTM) untuk berkembang biak. Bakteri ini bisa menyebabkan infeksi paru-paru yang sulit disembuhkan. Dampaknya ternyata sangat berbahaya yaa.

Menurut Dr. Michael Iseman, kebanyakan orang mengirup bakteri ini sepanjang waktu namun tidak pernah menyadari bagaiaman bakteri ini berkembang biak dan menyebar. Bagi orang yang sensitif, Dia akan sangat rentan terserang infeksi paru-paru. kepala shower hingga selangnya menjadi tempat favorit bakteri bernama nontuberculous mycobacteria (NTM) untuk berkembang biak. Bakteri ini bisa menyebabkan infeksi paru-paru yang sulit disembuhkan.

Jada salah satu cara untuk menghindari infeksi NTM ini adalah dengan membiasakan diri untuk mandi menggunakan gayung dari pada menggunakan shower. Selain itu, bersihkan semua peralatan yang digunakan secara rutin, khususnya peralatan yang digunakan untuk kepala. Kamu bisa membersihkan selang menggunakan pembersih khusus atau direndam dalam cuka dan baking soda. Tetap jaga kesehatan yaa ladies.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Diet Kaya Lemak Sebenarnya Bisa Membantu Kamu  Menurunkan Berat Badan

Untuk menurunkan berat badan, hal pertama yang dilakukan