Kamu selalu nge-gym teratur, kamu juga selalu makan sehat, lalu mengapa kamu masih mengalami kenaikan berat badan? Jika ini terjadi padamu, kamu harus waspada. Kenaikan berat badan yang tiba-tiba tanpa adanya penyebab yang bisa diketahui dengan pasti adalah hal yang sangat tidak menyenangkan. Ini juga bisa berarti bahwa ada sesuatu yang salah di tubuhmu. Bisa jadi ini masalah hormon atau metabolisme yang tidak teratur, tetapi bisa jadi, ini adalah gejala kamu punya masalah kesehatan yang lebih harus diwaspadai.

Banyuak orang yang tak terlalu memperhatikan kesehatan mereka. Kalau kamu mengalami kenaikan berat badan misterius yang dibarengi hal-hal berikut, kamu harus waspada, jangan sampai kamu terlambat sadar bahwa kamu punya masalah kesehatan yang harus segera ditangani!

Kalau kamu juga keleahan, bisa saja kamu alami hipotirodisme

Saat seorang perempuan muda  yang berjalan ke kantor dokter dengan kenaikan berat badan yang tidak bisa dijelaskan, tiroid adalah sebuah tempat yang biasanya banyak dicek. Karena, alasannya sangat masuk akal, satu dari delapan wanita akan pernah mengalami masalah kesehatan terkait tiroid dalam satu titik di hidupnya. Kelenjar berbentuk kupu di leher ini bertanggung jawab mendsekresikan hormon yang mengatur metabolisme, jadi kalau tiroidmu tidak aktif (mengalami hipotiroidisme), maka metabolisme tubuhmu bisa menurun, jadinya berat badan naik. Ini juga disertai dengan energi rendah atau kelelahan, kulit yang kering, rambut rontok, atua konstipasi.

Jika menstruasmu tidak nomal, kamu bisa mengalami PCOS

Riset menunjukakan bahwa ternyata, sekitar satu dari lima wanita mengalami sindrom ovarium polikistik, sebuah gangguan endokrin yang menghilangkan keseimbangan hormon reporduktif esktrogen dan testosteron. Akibatnya, banyak masalah kesehatan jadi terpicu seperti mens yang tidak teratur, pertumbuhan rambut wajah, dan migraine yang terus menerus. Ini juga bisa mengacaukan cara tubuhmu menggunakan insulin, dan inilah yang menjadi penyebab mengapa seolah area tengah dari tubuhmu (perut) sangat mudah melebar.

Jika kamu juga sangat setres… bisa jadi kamu alami depresi atau kecemasan

Saat kamu stress kronis, kamu akan ada pada mode bertarung atau kabur dan memiliki luapan adrenalin, selain juga meningkatnya hormon kortisol yang seharusnya membantumu mengembalikan cadangan energi dan simpanan lemak. Masalahnya, banyak dari kita yang stress hanya berada di meja dan deppan komputer. Jika kamu terus menerus merasa cemas atau sedih, punya masalah tidur, merasa lelah, atau kehilanan ketertarikan di segala hal yang dulu membuatmu merasa bahagia, maka coba bicaralah dengan profesional tentang potensi masalah kesehatan yang bisa mengacaukan kehidupanmu ini.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Nggak Disangka! Rempah Berikut Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badanmu Lho

Bentuk tubuh bak model seolah menjadi standar kecantikan