kulit-kering

Semua orang pasti tidak ingin jika mengalami penuaan lebih cepat dari usia yang seharusnya, orang yang tidak ingin mengalami penuaan pun banyak melakukan perawatan untuk tetap menjaga penampilannya. Hanya saja masih ada orang yang mengalami penuaan dini akibat memiliki kebiasaan-kebiasaan buruk.

Biasanya orang yang mengalami penuaan dini bisa di lihat dari kulitnya yang lebih kusam, keriput atau kusut. Menurut para ahli penuaan dini bisa disebabkan oleh banyak faktor, dan beberapa faktor ini sering dilakukan oleh sebagian orang. Yuk simak pembahasannya.

 

Memiliki Pola Makan yang Buruk

Kebiasaan pertama yang dapat menyebabkan penuaan dini adalah memiliki pola makan yang buruk. Pola makan buruk adalah kebiasaan makan yang tidak teratur dan tepat waktu, kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan yang mengandung lemak, glukosa, bahan perasa buatan atau pengawet dan jarang konsumsi sayur maupun buah. Untuk mencegah terjadinya penuaan dini segera lah tinggalkan dan ganti dengan pola hidup sehat dan pola makan yang teratur.

 

Kurang Tidur

Kebiasaan yang kedua adalah memiliki kebiasaan kurang tidur, tak hanya itu kebiasaan tidur larut malam juga ternyata akan akan memungkinkan kamu mengalami penuaan dini. Nah untuk mencegah dan mendapatkan tubuh sehat dengan kulit awet muda, sangat disarankan untuk memiliki tidur nyenyak dan berkualitas setiap hari setidaknya 6 sampai 8 jam sehari.

 

Stress

Kebiasaan selanjutnya yang menyebabkan penuaan lebih cepat adalah stres berat. Seperti kita ketahui bahwa stres sangat tidak baik untuk kesehatan fisik maupun psikologis karena stres memungkinkan seseorang memiliki pola hidup yang buruk dan tidur yang tak nyenyak hingga akhirnya mendorong risiko penuaan dini. Seberat apapun masalah yang dihadapi, usahakan untuk tetap sabar, tenang dan mencoba bahagia.

 

Malas

Sebagian orang memiliki kebiasaan bermalas-malasan dirumah karena tidak ada akitiftas tapi sebaiknya hentikan kebiasaan ini karena para ahli menyebutkan malas adalah salah satu hal yang juga menyebabkan penuaan dini. Malas akan membuat kamu enggan menjaga kesehatan dan kecantikan dengan baik. Malas juga memungkinkan kita ogah-ogahan dalam menjaga kesegaran serta kebugaran tubuh.

 

Kecanduan Mengonsumsi Kafein atau Nikotin

Jika sudah kecanduan nikotin atau kafein memang sangat sulit untuk dihilangkan tapi usahakan sebisa mungkin untuk mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok atau minum kopi berlebihan karena sangat tidak baik bagi kesehatan serta menyebabkan penuaan terjadi lebih cepat. Selain itu kecanduan alkohol sama bahayanya dengan kafein dan rokok loh. Mulai sekarang usahakan menghentikan kebiasaan ini ya ladies.

Nah itulah beberapa kebiasaan yang sebaiknya segera kamu hentikan untuk menjaga kesehatan tubu dan kecantikan kulit serta mencegah penuaan dini. Selain kebiasaan diatas masih ada kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan penuaan dini loh, salah satunya penggunaan kosmetik yang salah, kurang minum air putih, kurang konsumsi sayur dan buah serta tidak pernah olahraga juga efek dari polusi udara.

Baca juga Cegah Keriput Mulai Dari Usia Muda

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Suka Mewarnai Rambut? Ternyata Ini Hal Penting yang Wajib Diketahui Setelah Rambut Diwarnai

Suka Mewarnai Rambut? Ternyata Ini Hal Penting yang