mandi

 

Saat pulang kerja atau beraktifitas dimalam hari rasanya ingin segera membersihkan diri dan memanjakan diri dengan guyuran air yang menyegarkan, tapi terkadang banyak larangan mengenai mandi dimalam hari, banyak mitos yang dipercaya mengenai mandi dimalam hari.

Sebenarnya banyak mitos yang dipercaya masyarakat yang belum jelas kebenarannya. Meski begitu mandi dimalam hari tidak baik loh, ada dampak buruk yang dapat kamu rasakan, mau tau lebih jelasnya ? Nah berikut ini mitos dan fakta dari bahaya mandi malam bagi kesehatan.

 

  • Menyebabkan Reumatik

Sebenarnya penyebab penyakit ini belum terlalu jelas, tapi banyak ahli yang berpendapat bahwa penyebab dari reumatik ini disebabkan oleh kelainan genetik yang menyerang orang yang berusia produktif. Reumatik sendiri merupakan penyakit autoimun adalah penyakit yang terjadi pada area persendian, sehingga membuat orang yang menderita reumatik ini merasakan nyeri pada sendi. Meski penyakit ini tidak tergolong pada penyakit yang berbahaya tapi sebaiknya kamu segera hubungi dokter jika merasakan nyeri yang tak tertahankan pada area sendi. Menurut sebagian ahli mitos ini tidaklah benar karena reumatik disebabkan oleh penyebab lain.

 

  • Penuaan Dini

Banyak orang tua yang mengatakan bahwa mandi dimalam hari dapat menyebabkan kulit cepat keriput dan cepat tua karena tubuh tidak kuat menerima rangsangan air dingin saat mandi dimalam hari dan hal ini mengakibatkan metabolisme meningkat padahal sebenarnya mitosnya tidaklah benar ladies.

 

  • Menyebabkan Paru-paru Basah

Ada mitos yang dipercaya bahwa mandi malam dapat menyebabkan paru-paru basah, tahukah kamu mitos ini juga tidaklah benar karena sebenarnya paru-paru basah disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri yang berasal dari udara.

 

  • Mangakibatkan Asam Urat

Mitos selanjutnya mengenai mandi dimalam hari adalah dapat menyebabkan asam urat tapi sebenarnya mitos ini tidaklah benar karena asam urat disebabkan oleh banyaknya konsumsi zat purin dalam tubuh kita sehingga kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Dan hal tersebut dapat mengakibatkan ginjal tak mampu menampung ataupun membuang zat tersebut.

 

  • Mengganggu Metabolisme Tubuh

Mandi malam membuat proses metabolisme tubuh terganggu karena pada malam hari suhu tubuh mulai melemah dan mebutuhkan waktu untuk istirahat, jika kita mandi dengan pori-pori terbuka maka air akan masuk ketubuh dan menyebabkan gangguan hormon tubuh.

 

  • Menyebabkan Masuk Angin

Mandi dimalam hari membuat tubuh mudah masuk angin karena mandi pada malam hari dengan suhu yang lebih rendah membuat tubuh masuk angin dan meriang serta demam karena saat malam suhu tubuh akan lebih tinggi dan jika disiram dengan air bersuhu rendah maka pori-pori yang terbuka dapat membuat tubuh menjadi panas dingin, sebenarnya tubuh membutuhkan waktu istirahat sesegera mungkin.

 

  • Menyebabkan Nyeri Otot

Tidak sedikit orang yang mandi malam hari merasakan nyeri otot, hal ini disebabkan karena air dingin pada malam hari seperti merasuki tubuh melalui pori pori tubuh.

 

nah itulah beberapa mitos dan fakta yang perlu kamu ketahui dan kamu pertimbangkan saat akan mandi dimalam hari, saat tubuh sudah lelah sebaiknya bersihkan tubuh dengan sederhana dan beristirahatlah agar tubuh cepat mengumpulkan energi untuk hari esok.

Baca juga Waspada ! ini Dia Tanda-Tanda Depresi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Meskipun Harga Murah Meriah Tetapi Tau Ngak Sih Kosmetik KW Itu Jorok dan Ilegal? Yakin Masih Mau Beli?

Bagi wanita, kosmetik mungkin menjadi salah satu alat