Mie-Instan-atau-Nasi-Mana-yang-Lebih-Cepat-Membuat-Gemuk-alodokter

 

Banyak wanita yang lebih suka makan mie instan ketimbang makan nasi dengan alasan agar tidak makan terlalu berat, padahal mengganti nasi dengan mie instan bukanlah pilihan yang baik loh jika berniat untuk mengurangi asupan kalori karena kalori mie instan lebih banyak dibandingkan nasi. Mau tau selengkapnya ? Yuk kita bandingkan.

Mie instan sebanyak 70 gram atau setara dengan satu bungkus mie instan mengandung 370 kalori sementara nasi putih dengan berat yang sama hanya mengandung 91 kalori saja loh ladies. wow ternyata bedanya sangat jauh yaa ladies, sekitar 3 kali lipat lebih banyak, itu artinya mie instan dapat menambah berat badanmu lebih cepat dibandingkan nasi.

Sebenarnya yang harus lebih diperhatikan adalah cara penyajian mie instan itu sendiri, jika mie instan disajikan dan disantap dengan tambahan seperti telur, sosis, kornet atau keju maka kandungan kalorinya juga bertambah, apalagi jika kamu menyantap mie instan bersama nasi maka kalori yang dikonsumsi akan berlipat-lipat. Padahal dalam sehari kebutuhan kalori wanita dewasa hanya sekitar 1.800-2.000 dan pria dewasa sekitar 2.200-2.400.

Selain mengandung banyak kalori, mie instan juga mengandung banyak karbohidrat dan lemak serta mie instan yang biasa disajikan dengan kaldu instan umumnya memiliki kandungan sodium atau garam yang tinggi. Salah satu mie instan yang banyak dikenal di masyarakat Indonesia tercatat mengandung sodium 1.080 mg atau sekitar 45% dari kebutuhan keseluruhan sehari, dalam setiap kemasan seberat 91 gram. Terlalu banyak asupan sodium membuat tubuh tidak sehat loh ladies karena kerja ginjal akan semakin berat jika kandungan sodium terlalu tinggi. Selain itu, sodium yang menumpuk dalam tubuh diperkirakan juga dapat memicu tekanan darah tinggi, stroke, dan gagal jantung.

Mengonsumsi mie instan tidak selamanya berbahaya jika kamu memperhatikan porsi serta dibarengi dengan tambahan yang dapat membantu menambahkan nutrisi lain seperti menambahkan sayuran.

Lalu apakah alternatif yang baik untuk menjaga asupan kalori agar berat badan tetap ideal ? Sebenarnya banyak cara untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, kamu bisa menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat yang dapat membantu menurunkan berat badan dan melakukan beberapa gerakan atau olahraga minimal sekali dalam seminggu.

Nah itulah beberapa perbandingan kandungan kalori pada mie instan dan nasi, kamu harus memperhatikan kebutuhan nutrisi lainnya untuk tubuh jangan membatasi asupan karena takut gemuk atau bertambah berat badan karena tubuh membutuhkan nutrisi lain untuk memenuhi nutrisi agar fungsi tubuh tetap stabil.

Baca juga Mau Punya Perut Rata? Rajinlah Konsumsi Makanan Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Penurunan Badan Selalu Gagal? Mungkin Ini Alasannya

Membicarakan masalah berat badan memang menjadi masalah yang