Minyak pada wajah sebenarnya memberi banyak manfaat baik, seperti memberikan perlindungan pada pori-pori dari bahaya polusi dan debu, memperlambat penuaan dini termasuk munculnya kerutan, serta melembapkan wajah. Namun, tidak jarang dampak negatif yang muncul akibat kadar minyak berlebih, di antaranya jerawat.

Beberapa cara seperti membersihkan wajah secara teratur dan membasuhnya dengan air hangat dipercaya mampu mengurangi kadar minyak berlebih serta memperlancar peredaran darah pada kulit kamu. Berikut cara alami untuk mengatasi kulit berminyak.

 

  1. Tomattomat

Tomat kaya akan vitamin A dan C serta asam amino yang tinggi. Selain menutrisi kulit, perpaduannya dengan lemon juga oatmeal mampu menyeimbangkan kadar minyak yang berlebih. Caranya dengan membuat masker wajah dari tomat yang sudah dihaluskan lalu menambah perasan lemon serta oatmeal. Setelah itu, aplikasikan masker tersebut di seluruh area wajah terutama T zoneselama 10 menit. Tomat juga bersifat exfoliant yang membuatnya mampu mengangkat sel kulit mati.

 

  1. Pisangpisang

Selain menyegarkan, pisang berkhasiat mengurangi kadar minyak yang berlebih pada wajah. Caranya dengan mencampur pisang yang sudah dihaluskan dengan susu dan madu secukupnya. Aplikasikan masker ini selama kurang lebih 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Kamu bisa melakukannya dua hingga tiga kali dalam seminggu secara rutin.

 

  1. Mentimunmentimun

Mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah selanjutnya yaitu dengan masker mentimun. Caranya dengan mengoleskan mentimun yang sudah dihaluskan bersama daun mint pada seluruh area wajah. Untuk hasil yang lebih baik, campurkan perasan jeruk nipis pada masker ini. Setelah dibiarkan 30 menit, basuh dengan air bersih.

 

  1. Daun seledridaun-seledri

Selain manfaatnya untuk kesehatan, daun seledri pun baik untuk mengurangi kadar minyak pada wajah. Caranya dengan mengaplikasikan air rebusan daun seledri untuk membasuh wajah kamu. Setelah itu bilas dengan air bersih dan lakukan setiap hari agar kadar minyak pada wajah menjadi seimbang serta sehat. Daun seledri mengandung antioksidan berupa L-tryptophan, vitamin B1, B2, A dan C yang bermanfaat mengurangi kadar minyak berlebih di wajah. Selain itu, daun seledri mengandung senyawa 3n-butilphalida untuk mencegah terjadinya jerawat yang ditimbulkan akibat kadar minyak berlebih.

  1. Aloe Veralidah buaya

Tidak hanya ampuh menutrisi rambut kamu, aloe vera atau lidah buaya pun dapat membantu mengurangi kadar minyak berlebih dengan membuatnya menjadi pasta. Caranya dengan merebusnya lalu mencampurnya daging lidah buaya dengan madu lalu oleskan pada wajah. Untuk hasil terbaik, aplikasikan pasta lidah buaya ini sekali setiap minggu.

 

  1. Apel 

    red apple fruits with cut and green leaves isolated on white background

Buah apel mengandung zat anti lemak yang mampu mengangkat seluruh lemak dan kotoran di wajah. Seperti halnya pisang dan tomat, kamu harus membuat masker wajah dari apel yang dihaluskan dan ditambah sedikit madu. Kemudian, masukkan masker yang sudah jadi ke dalam lemari pendingin dan biarkan hingga 15 menit.

Setelah itu, oleskan masker apel ini pada wajah secara merata. Biarkan hingga 30 menit lalu bilas menggunakan air dingin. Lakukan sekali setiap minggu untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Baca juga Pilihan Cleanser Untuk Kulit Berjerawat

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Perbedaan Jenis Kulit Sebelum Kamu Memulai Perawatan

Tampil cantik dengan kulit mulus tanpa noda tentu