Jangan Asal Poles Aja Girls, Ini Efek Samping Pakai Lip Balm Yang Harus Kamu Waspadai

Bagi wanita yang memiliki masalah dengan bibir kering, maka pastinya sudah bersahabat sekali dengan lip balm. Bahkan banyak juga yang menggunakannya karena alasan wangi yang enak, rasa pada lip balm yang unik dan menjadikan efek bibir lebih sehat. Namun, jangan sampai kamu kecanduan pakai lip balm lho.

Selain lipstik, mungkin lip balm adalah teman setia untuk para wanita demi merawat dan mampu hindarkan bibir dari kondisi pecah-pecah. Bahkan lip balm mungkin sudah jadi kebiasaan untuk diaplikasikan ke bibir. Tapi kamu harus tahu jika makin kamu sering mengaplikasian lip balm, maka bibir bisa jadi ketergantungan lho. Ini karena keseringan memakai lip balm justru tidak baik. Berikut ini penjelasannya.

Bahan di dalam lip balm mampu mengiritasi kulit bibir

Ada dua alasan mengapa seseorang seringkali mengaplikasikan lip balm pada bibirnya. Alasan pertama yakni di dalam lip balm terkandung bahan yang bisa mengiritasi. Hal ini kemudian memicu inflamasi serta kelembaban pada kulit bibir yang hilang. Tak heran jika bibir hanya lembab sementara lalu akan mengering dalam waktu sekejap saja. Jika demikian terus menerus, maka kamu akan terus berkutat dengan lip balm tersebut, padahal yang jadi penyebab buruk justru lip balm. Untuk itu ada baiknya kamu cek lebih dulu sebelum membeli produk lip balm tertentu. Hindari lip balm dengan kandungan pewangi, menthol, camphor atau asam salisilik yang bisa jadikan bibir rentan kering.

Melemahnya kemampuan kulit bibir dalam mempertahankan kelembaban

Masalah kedua yang bisa muncul yakni kemampuan dari kulit bibir untuk mempertahankan kelembabannya akan bisa jadi melemah. Lho kok bisa? Ya, jika kamu kerap memakai produk yang bisa membentuk penghalang di kulit misalnya petroleum jelly atau petrolatum, maka bisa jadikan penghalang buatan dimana ditujukan untuk kunci kelembaban. Namun, apabila produk tersebut dipakai dengan berlebihan justru akan bisa jadikan kulit bibir berkurang kemampuan dalam mempertahankan kelembaban alaminya sendiri. Dengan demikian, bibir akan bisa seketika menjadi kering ketika tidak memakai lip balm itu. Dengan begitu kamu akan masuk ke lingkaran pemakaian lip balm terus menerus sehingga sulit berhenti.

Bagaimana tips memilih lip balm yang aman?

Artikel ini bukan untuk menjadikan kamu takut dalam memakai lip balm lho ya. Namun, artikel ini berharap agar para wanita teredukasi dan lebih cerdas dalam menggunakan make up. Nah, bukan tanpa solusi kok untuk urusan lip balm ini. Kamu boleh-boleh saja menggunakan lip balm, tapi dengan catatan bahwa penggunaannya tidak terlalu sering dan masih di batas wajar saja. Karena kamu sudah tahu dong dengan efek samping yang bisa terjadi dengan paparan artikel di atas.

Apabila saat ini kamu sedang mencari lip balm yang aman, maka usahakan cari lip balm dengan kandungan lanolin. Bahan ini memiliki sifat berupa semi barrier dimaan mampu jadi penghalabg dalam mempertahankan kelembaban bibir kamu. Namun, tenang saja karena bibir masih bisa tetap bernafas kok. Tampil cantik harus tetap mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan kamu dong.

^  REVIEW: Nature Republic Soothing & Moisture ALOE VERA 92% Soothing Gel Mist

^  Wajib Tahu! Ternyata Ini yang Dirasakan Pria Jika Terlalu Sering Membahas Dan Memintanya untuk Segera Malamar Kamu

^  Bingung dengan Tubuh yang Gemuk? Tenang, Hacks fashion Ini Akan Membuat Kamu Terlihat Kurus

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kapan Sih Waktu Terbaik Untuk Menggunakan Serum Vitamin C? Simak Penjelasan Berikut

Kapan Sih Waktu Terbaik Penggunaan Serum Vitamin C?