manfaat telur setengah matang

 

Telur merupakan makanan yang mengandung banyak nutrisi bagi kesehatan, Selain rasanya yang lezat telur juga mengandung kandungan gizi yang baik untuk kebutuhan tubuh kita. Gizi – gizi yang terkandung dalam telur antara lain vitamin B12, B6, asam folat, kalium, vitamin A, ribovlavin, kalsium serta protein yang sangat tinggi. Dan kuning telur sendiri mengandung nutrisi – nutrisi yang baik untuk kulit seperti vitamin A, D, E.

 

Namun jika kamu salah memasak malah memberikan dampak negatif seperti memasaknya hanya setengah matang. Telur setengah matang merupakan salah satu makanan favorit banyak orang, banyak yang percaya bahwa telur setengah matang memiliki manfaat yang lebih banyak karena nutrisi yang masih banyak karena di masak sebentar.

 

Ternyata tahukah kamu mengonsumsi telur setengah matang sebenarnya berbahaya bagi kesehatan Karena dalam telur sangat rentan untuk dimasuki bakteri. Bakteri – bakteri tersebut akan sangat mudah terserap oleh tubuh apabila kita mengonsumsi telur tanpa membunuhnya terlebih dahulu. Salah satu cara untuk membunuh bakteri tersebut adalah dengan cara memasaknya secara matang. Berikut ini bahayanya bagi kesehatan.

 

 

Telur setengah matang mengandung Zat Avidin

 

Dalam telur setengah matang terkandung zat yang berfungsi melindungi embrio dalam telur. Zat ini berfungsi untuk melindungi unsur gizi yang ada dalam telur. Namun zat ini sedikit berbahaya untuk manusia. Bagi manusia, zat avidin akan menghambat penyerapan vitamin dan mineral dalam tubuh, karena zat avidin memiliki kemampuan untuk mengikat biotin. Selain itu, zat avidin memicu timbulnya eksim atau dermatitis dan juga gejala kebotakan. Eksim atau dermatitis ini akan menimbulkan rasa gatal pada kulit hingga pembengkakan.

 

Telur setengah matang mengandung bakteri Salmonela

 

Telur setengah matang masih mengandung bakteri salmonela yang berbahaya bagi kesehatan tubuh karena bakteri ini dapat menyebabkan munculnya penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti tifus. Bakteri ini akan semakin berbahaya bagi tubuh saat sistem imun tubuh sedang menurun.

 

 

Adanya kandungan ovomucoid

 

Kandungan ovomucoid merupakan protein yang memiliki aktivitas antitrispin. Aktivitas ini akan mengganggu kesehatan pada bagian kulit dan pernafasan. Pada kulit akan terjadi perasaan gatal, pembengkakan, kemerahan. Sedang pada pernafasan akan terjadi batuk dan bersin. Hal ini akan semakin diperparah apabila ada riwayat alergi putih telur.

 

Adanya kandungan melamin yang ditemukan dalam telur

 

Saat ini sudah banyak ditemukan adanya kandungan melamin pada telur. Dicuragai melamin masuk ke dalam telur melalui pakan ayam. Melamin sendiri merupaka zat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Seperti yang diketahui melamin lebih banyak digunakan untuk memproduksi plastic, cat dan pupuk. Oleh karena itu melamin sangat tidak dianjurkan untuk masuk ke dalam tubuh. Dalam jumlah kecil, melamin masih tidak membahayakan. Namun dalam jumlah besar, melamin bisa menimbulkan penyakit parah seperti ciri-ciri gagal ginjal.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Meskipun Harga Murah Meriah Tetapi Tau Ngak Sih Kosmetik KW Itu Jorok dan Ilegal? Yakin Masih Mau Beli?

Bagi wanita, kosmetik mungkin menjadi salah satu alat