Wajib Tahu! Ternyata Ini Bahaya Terlalu Sering Minum
Air Es Usai Makan

Usai makan, minuman yang paling enak tentu saja air es. Apalagi jika kamu usai makan makanan pedas dan panas.Air es menjadikan tenggorokan terasa dingin, segar dan juga lega. Meski demikian, di balik godaan dari air es yang menyejukkan dan menyegarkan itu ada beberapa risiko yang harus kamu hadapi lho.

Jika kamu kerapkali minum air es usai makan, maka kamu harus tahu beberapa bahaya yang bisa mengintaimu.

1. Makanan berlemak sulit dicerna dan terancam mengendap lebih lama

Makanan berlemak merupakan makanan yang pastinya menggoda selera. Semua makanan tersebut memang lezat. Tapi kamu harus tahu jika lemak yang asalnya dari makanan seperti itu harus segera dicerna lambung. Tapi berbeda jika kamu minum air es sesudah makan dimana air es yang masuk lambungakan bisa jadikan suhu lemak di lambung menurun. Lemak tersebut akhirnya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk capai suhu stabil sehingga bisa dicerna kembali. Jadi, jika kamu makin banyak minum air es usai makan maka makin lama juga lemak mengendap di perut.

2. Endapan lemak bisa jadikan perut semakin buncit


Selain lemak yang berasal dari makanan, kamu pun sebetulnya sudah memiliki cadangan lemak yang ada di perut juga. Lemak tersebut berfungsi untuk bisa hangatkan tubuh. Untuk itu, saat kamu konsumsi air es, lemak pun akan bekerja keras dalam menstabilkan suhu tubuh yang juga ikut turun. Cara dalam menstabilkan suhu ini adalah dengan memproduksi tambahan bantalan lemak. Inilah yang jadikan perut makin membuncit.

3. Ketika metabolisme tubuh terganggu, maka kepala bisa pusing


Usai makan siang dan cuaca sedang panas, maka minum air es adalah yang terbaik. Namun, perbedaan suhu yang ada di luar dan dalam ini sangat signifikan. Lantaran alami perubahan suhu mendadak, maka metabolisme yang ada di tubuh pun dapat terganggu lho. Jika demikian, maka akibatnya adalah suplai dari oksigen menuju organ tubuh, termasuk pada otak pun menjadi terganggu. Jika otak kurang oksigen, maka kamu akan bisa mengalami pusing. Maka dari itu, jika ada beberapa orang yang hindari minum air es kala siang hari bisa jadi mereka berusaha untuk hindari rasa pusing yang bisa datang.

4. Air es memicu radang tenggorokan


Memang meminum air es tidak langsung dalam waktu itu sebabkan batuk. Tapi jika makin sering kamu minum air es, maka menjadikan produksi lendir yang ada di tenggorokan akan kian banyak. Kondisi lendir yang berlebihan inilah yang bisa picu radang tenggorokan terjadi.

5. Air es bisa hambat penyerapan gizi makanan

Selepas makan sayur atau buah, kamu menutupnya dengan air es. Ternyata ini tidak baik lho. Hal ini karena tubuh akan lebih mendahulukan kerja demi stabilkan suhu tubuh. Energi yang seharusnya dipakai untuk mencerna pun ikut terpakai. Jika demikian, maka proses pencernaan pun tidak berlangsung sempurna.

6. Perut merasa begah

Air es pun bisa jadikan otot lambung untuk bekerja dengan lebih keras lho. Karena terlalu keras, maka potensi kram yang terjadi juga bisa lebih besar. Jangan heran jika kamu pun merasa begah karenanya.

Baca juga: 

Wajib Tau! Hindari Meminum Minuman Yang Dapat Menyebabkan Kanker Di Saat Kamu Sedang Haid

Ngak Mau Kan Perut Buncit Terus..Yuk Cobain Beberapa Minuman Ini Yang Bisa Jadikan Perutmu Rata

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Deodoran Bisa Jadi Penyebab Kanker Payudara. Benarkah Demikian?

Pakai Deodoran Bisa Jadi Sebab Kanker Payudara, Benarkah