diet

 

Beberapa orang memiliki kebiasaan makan saat sudah larut malam terutama wanita yang memiliki hobi makan atau ngemil apalagi saat malam mengalami insomnia. Makan pada malam hari memang terasa lebih nikmat saat tubuh terasa capek dan kelelahan.

 

Namun ternyata makan saat sudah larut malah memiliki efek yang tidak baik untuk kesehatan loh ladies, nah berikut ini beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan akibat makan larut malam.

 

Menyebabkan Obesitas

 

Pada malam hari aktifitas tubuh mulai menurun dan gerakan yang dilakukan tubuhpun akan berkurang dan cenderung lebih sedikit dibandingkan pada siang hari. Saat waktu telah menunjukan pukul 7 atau lebih adalah waktu untuk tubuh beristirahat. Jika kita makan saat diatas pukul tujuh dengan aktivitas badan yang hanya sedikit, maka hal ini akan menyebabkan menumpuknya kalori dan juga lemak di dalam tubuh kita. Penumpukan lemak dan juga kalori ini akan sangat mudah menjadikan berat badan tubuh meningkat dan mudah sekali bagi kita untuk beresiko terkena obesitas.

 

Diabetes

 

Tahukan Anda bahwa penyakit diabetes tidak hanya disebabkan karena seseorang suka memakan makanan yang manis dan juga mengandung gula. Penyakit diabetes ini ternyata juga mudah sekali menyerang orang- orang yang mempunyai kebiasaan makan pada malam hari atau larut malam. Hal ini masih ada kaitannya dengan penyakit obesitas yang dapat muncul ketika seseorang sering makan pada larut malam. Dimana orang yang terkena obesitas ini sangat rentan juga terkena diabetes.

 

Menggangu Pencernaan

 

Gangguan pencernaan merupakan masalah atau enyakit yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Pencernaan terganggu ini bukan saja berupa diare, namun juga gangguan- gangguan perut lainnya seperti kembung, mulas, dan mual. Makan pada malam hari ternyata bisa menyebabkan gangguan pencernaan karena jika setelah makan kamu langsung tidur makan perut akan kembung. Dan ketika kita bangun, maka perut kita akan terasa penuh yang diakibatkan oleh tidak lancarnya pencernaan.

 

Mengganggu Kualitas Tidur

 

Makan pada malam hari, terutama sudah larut malam akan mempengaruhi kualitas tidur kita yaitu akan terganggu. Makan yang terlalu larut malam ini bisa mengganggu irama sirkadian atau siklus tidur. Hal ini karena tubuh yang harusnya pada masa istirahat, malah justru dipaksa bekerja untuk mencerna makanan yang kita konsumsi sebelum tidur selama sepanjang malam. Sehingga hal ini akan menyebabkan tidur kita berkurang kualitasnya. Jika sudah seperti ini maka tidur kita pun akan terasa kurang nyaman.

 

Menyebabkan Serangan Jantung

 

Tahukah Anda bahwa salah satu hal yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit jantung ini adalah kebiasaan makan pada larut malam. Oleh karena itu makan yang terlalu larut malam ini sebaiknya dihindari.

 

Night-time Eating Syndrome

 

Night-time Eating Syndrome (NES) atau bisa juga disebut dengan sindrom makan malam hari merupakan sebuah gejala depresi. Orang yang mengidap NES kebanyakan merasa depresi dan juga makan larut malam dikarenakan hormon yang tidak seimbang. Makan pada malam hari yang sudah larut ini biasanya melibatkan zat karbohidrat dan juga gula. Karbohidrat dan makanan manis merupakan makanan yang memicu rasa nyaman, sehingga dapat mengobati dirinya sendiri. Namun hal seperti itu tetap saja membahayakan bagi kesehatan Anda.

 

Nah itulah beberapa akibat yang bisa disebabkan oleh kebiasaan makan pada malam hari apalagi saat sudah larut.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ngak Mau Kan Perut Buncit Terus..Yuk Cobain Beberapa Minuman Ini Yang Bisa Jadikan Perutmu Rata

Salah satu masalah dalam tubuh wanita adalah perut