Dengan musim hujan yang ada di depan mata, terserang flu dan pilek adalah sebuah resiiko yang harus diwaspadai siapa saja. Sangat penting bahwa kamu mendapatkan tidur cukup setiap malamnya, makan dengan pola yang sehat dan seimbang, serta rajin berolahraga agar menjaga sistem kekebalan tubuh. Tetapi, ini saja tidak cukup. Jika kamu mau memperkuat pertahananmu dengan cara apa pun, maka ada beberapa taktik yang bisa kamuu coba.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh bisa dengan cara-cara unik ini

Main ke hutan

Para ilmuwan di Jepang mulai sering meresepkan terapi hutan  sebagai cara untuk membuat orang rileks dan mendongkrak sistem kekebalan tubuh mereka. Ini dilakukan setelah sebuah studi menemukan bahwa pria yang menghabiskan waktu enam jam untuk hiking di hutan selama dua hari memiliki level sel pembunuh alamiah lebih tinggi yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu melawan kanker. Dampak sehat dari sebuah perjalanan ke hutan bahkan bisa berlangsung selama 30 hari. Jika kamu merasa bahwa tersesat di hutan selama dua tiga hari tidak pas dengan jadwalmu, maka temukan alam apa pun yang kamu bisa dan ada di sekitarmu, seperti taman atau bahkan kebun belakang rumah yang banyak pohonnya. Berada di alam akan secara alamiah meringankan stress dan relaksasi adalah hal yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Main drum

Kamu suka main music? Apa alat yang kamu mainkan? Ternyata, main musik juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi tak semua alat music setara. Drum, misalnya, memberi manfaat yang lebih besar buat kesehatanmu dibanding instrument lainnya. Sekelompok ilmuwan di sekolah kedokteran di California menemukan bahwa kelompok drummer memiliki level sistem kekebalan tubuh yang lebih tinggi di darah mereka dibandingkan oleh mereka yang hanya mendengarkan saja. Jika kamu ingin mendapatkan manfaat ini, maka kamu bisa coba mencari klub drum local. Atau bahkan jika ini tidak memungkinkan, menurut ilmuwan yang melakukan studi, kamu juga bisa bermain drum dengan panci dan wajan di dapur.

Minum susu yang asam

Kefir, sejenis susu yang difermentasi dengan biji-bijian, sebenarnya bukan susu asam. Tetapi, fermentasi membuat rasanya demikian. Proses fermentasi membuat kandungan probiotik yang mampu melawan penyakit jadi lima kali lebih besar dibandingkan dengan yang ditemukan pada yogurt. Jika kamu tak suka kefir, maka mengonsumsi yogurt pun bisa jadi pilihan. Karena yogurt adalah sumber dari yodium, yang membantu kelenjar tiroidmu mengatur sistem kekebalan tubuhmu. Kamu juga bisa meningkatkan simpanan iodin-mu dengan telur atau susu.

Baca juga Nggak Perlu Suplemen Deh, Konsumsi Saja Makanan-Makanan Ini Untuk Meningkatkan Kolagen dalam Tubuhmu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jangan Sepelekan Sarapan Karena Manfaatnya Sangat Luar Biasa

Banyak orang yang menganggap remeh sarapan atau memang