Berat badan memang menjadi masalah yang banyak dialami oleh banyak orang. Bukan semata untuk penampilan saja, tapi berat badan juga kerapkali dihubungkan dengan kesehatan yang kurang. Ketika kamu terlalu kurus atau terlalu gemuk, maka pastinya kamu butuh penanganan dengan melakukan pola hidup yang sehat. Tapi kamu juga harus tahu jika berat badan pun bisa mempengaruhi tingkat kesuburan lho.

Studi sudah menunjukkan jika wanita dengan berat badan yang berlebih atau terlalu kurang dari seharusnya memang membutuhkan waktu lebih lama agar bisa hamil. Ini karena berat badan ideal menjadikan kadar lemak pun berimbang sehingga kehamilan akan lebih mudah. Untuk itu, bagi kamu yang ingin hamil maka upayakan agar Indeks Massa Tubuh kamu terhitung normal.

Kondisi wanita yang sulit hamil karena masalah pada berat badannya

Perlu diketahui jika menstruasi tentu menjadi tanda bahwa ada sel telur dilepaskan. Ketika terjadi gangguan menstruasi, maka kemungkinan untuk sel telur dan ovulasi akan mengalami gangguan. Ini pun berefek pada kehamilan yang sulit untuk bisa terjadi. Nah, gangguan menstruasi inilah yang kerapkali terjadi pada wanita yang punya berat badan berlebih dan terlalu kurang. Bahkan, ketika wanita dengan masalah berat badan pun berhasil untuk hamil maka risiko komplikasi, keguguran, lahir prematur dan lainnya juga bisa terjadi. Wah, gawat ya ladies.

Alasan mengapa berat badan dapat mempengaruhi kesuburan

Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa berat badan bisa mempengaruhi kesuburan. Ternyata berat badan bisa pengaruhi kesuburan lewat kadar hormon. Nah, hormon ini punya peran yang penting di semua proses dan juga tahap kehamilan seperti pelepasan sel telur, pembuahan dari sperma dan perkembangan hasil pembuahannya sehingga bisa jadi janin pada rahim.

Terlalu gemuk dapat menurunkan peluang untuk hamil

Lemak memang punya peran yang penting untuk memproduksi hingga menyimpan hormon reproduksi, misalnya estrogen. Tapi wanita yang berat badannya berlebih punya kadar lemak lebih tinggi sehingga menjadikan hormon estrogen terbentuk pun lebih banyak. Jika jumlahnya berlebihan, maka inilah yang menjadikan sistem reproduksi menjadi terganggu. Tak heran jika wanita yang berat badannya berlebih kerap mengalami kondisi menstruasi yang tidak teratur. Kelebihan berat badan pun bisa turunkan tingkat suksesnya program bayi tabung lho.

Terlalu kurus dapat menurunkan peluang untuk hamil

Beda kasus lagi dengan wanita yang kurang berat badannya dimana ketika kadar lemak terlalu sedikit bisa jadikan kadar hormon progesteron pun berkurang dan hormon kortisol yang meningkat. Perubahan hormon inilah yang bisa menjadikan tubuh berada dalam kondisi kurang baik dan kurang aman untuk hamil. Tubuh bahkan akan otomatis untuk mengabaikan proses reproduksi serta lebih fokus untuk bisa bertahan hidup. Kondisi ini pastinya menjadikan peluang untuk hamil menjadi sulit.

Jika kamu saat ini sedang menjalankan program untuk hamil, maka ada baiknya memperhatikan IMT kamu. Terapkan gaya hidup sehat, banyak bergerak dan cukupi kebutuhan air sehingga berat badan bisa ideal. Bukan hanya demi penampilan, tapi juga demi kesehatan masa depan dan meraih tujuan untuk bisa hamil.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/tingkatkan-kesuburan-secara-alami-dengan-teh-kembang-talang/

http://www.tampilcantik.com/mengenal-faktor-yang-memungkinkan-pasangan-untuk-yang-sulit-memiliki-keturunan/

http://www.tampilcantik.com/gagal-paham-ternyata-beberapa-makanan-ini-membuatmu-semakin-lapar-loh/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Suka Bubble Tea? Waspadai Risikonya Jika Konsumsi Berlebihan

Bagi kamu yang suka dengan minuman kekinian, maka