diet

Beberapa wanita mengalami masalah berat badan saat sedang menstruasi yang cukup signifikan sehingga beberapa wanita menjadi sedikit khawatir. Tapi tenang saja ladies hal ini bisa terjadi karena berat badan memang sangat berkaitan dengan PMS, jadi kamu tidak perlu takut adanya masalah dengan kesehatanmu.

Selain terjadinya kenaikan berat badan, PMS juga dapat menyebabkan beberapa masalah seperti frustasi, stres, lesu, sering cemas, perut kembung, kram hingga sakit punggung, jadi tak heran jika wanita yang sedang PMS akan lebih mudah marah. Hal ini sangat wajar terjadi.

Tapi masih banyak yang penasaran mengapa berat badan memiliki hubungan dengan menstruasi. Umumnya berat badan bisa naik 1-3 kg pada saat siklus bulanan tersebut. Banyak wanita yang panik akan kenaikan berat badan ini terutama mereka yang sedang menjalani diet.  Berikut ini tiga penyebab umum dari kenaikan berat badan saat sedang menstruasi menurut vemale.

  • Penyebab pertama adalah turunnya level magnesium dalam tubuh. Tepat sebelum menstruasi tingkat magnesium dalam tubuh akan menurun. Ini akan menyebabkan tingkat insulin jadi lebih rendah, dengan kata lain tubuh akan menginginkan asupan glukosa dalam tubuh. Ini akan membuatmu ingin makan manis saat sedang PMS atau haid. Makanan manis adalah salah satu penyebab utama terjadinya kenaikan berat badan sebelum dan saat haid.
  • Penyebab selanjutnya adalah retensi air. Kondisi ini juga dikenal sebagai edema. Edema mempengaruhi tubuh karena fluktuasi hormonal parah saat sedang haid. Inilah yang membuat perut terasa kembung saat sedang haid. Ini juga menyebabkan hormon progesteron turun secara mendadak dan tiba-tiba.
  • Saat sedang PMS alias menjelang haid, nafsu makan memang meningkat dengan sangat drastis Ladies. Selama periode menstruasi, ada lonjakan dalam tingkat metabolisme dan ini menyebabkan konsumsi makanan meningkat secara signifikan. Otak merespon kondisi ini  sebagai kekurangan glukosa yang jadi penyebab wanita akan memiliki kecenderungan makan berlebihan selama PMS dan menstruasi.

Nah itulah ketiga penyebab umum mengapa berat badan bisa bertambah dengan signifikan. Untuk menyiasati nafsu makan yang semakin bertambah saat sedang menstrusi adalah dengan banyak mengonsumsi buah dan sayuran serta banyak minum air putih.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Hal yang Harus Kamu Ingat Saat Membeli Lipstik

Membeli lipstik nampaknya cukup sederhana, hanya pergi ke