7547177_a9269885-6bba-483c-8a76-861bfdb5e754

Sekarang ini kita bingung harus memilih sabun mandi yang seperti apa. Karena biasanya sabun yang di jual di pasaran kebanyakan mengandung bahan kimia, dan biasanya juga dijual dengan harga yang relatif mahal. Padahal di kondisi yang seperti sekarang ini mengharuskan kita pintar untuk memilih sabun yang bagus untuk kulit. Karena kesehatan kulit kita semakain menurun akibat pemanasan global dan polusi udara akibat kendaraan bermotor yang setiap harinya makin parah. Sehingga kulit menjadi kering, kusam, tidak lembab, dan hitam. Sebenarnya ada cara alami yang bisa kita lakukan dirumah untuk membuat sabun secara alami dan tentunya dengan bahan-bahan alami. Mau tahu bagaimana caranya? Yuk kita lihat.

Bahan- bahan

  1. Tepung Beras 300 g
  2. Minyak Kelapa Sawit 300 g
  3. Minyak Kelapa 200 g
  4. Soda Api 100 g/NaOH
  5. Minyak Aromaterapi 4 ml

Langkah- langkah

  1. Pertama campurkan soda api ke dalam air, tetapi jangan sampai terbalik yaa. Karena jika memasukkan air ke dalam soda api akan berbahaya. Reaksi yang ditimbulkan saat mencampur soda api kedalam air adalah keluar asap jadi kamu jangan lupa menggunakan masker, kacamata, dan sarung tangan. Lalu diamkan beberapa saat sampai suhu air norma kembali.
  2. Setelah air dingin, masukkan tepung beras dan minyak aroma terapi yang telah disiapkan ke dalam air yang sudah dicampur soda api. Tetapi jangan sampai terbalik yaa, minyak yang dicampurkan kedalam api + soda api, bukan sebaliknya.
  3. Setelah itu aduk secara perlahan sampai cairan itu mengental. Proses ini sering disebut
  4. Apabila sudah mengental diamkan beberapa saat. Tetapi akan lebih baik jika kamu mengaduknya menggunakan mixer agar tercampur lebih rata.
  5. Apabila adonan sudah tercampur dengan rata, masukkan adonan tersebut kedalam cetakan. Diamkan beberapa saat sampai adonan mengeras. Sangat mudah kan membuat sabun dirumah sendiri?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini Dia Vitamin & Mineral yang Dibutuhkan untuk Mendapatkan Rambut Tebal

Rambut yang indah merupakan tanda tubuh yang sehat. Bagaimana