Fashion muslimah saat ini kian berkembang dan maju. Tak heran jika muslimah kini memiliki pilihan berbusana yang lebih beragam dan bervariasi. Meski mengikuti tren fashion, tapi jangan lupa juga jika pakaian yang dikenakan oleh para wanita berhijab haruslah menutup seluruh tubuh. Beberapa pakaian yang kerap jadi andalan para muslimah yakni abaya, gamis dan kaftan.

Model abaya, gamis dan juga kaftan cenderung sederhana dan simpel. Ciri mudahnya adalah ketiganya memiliki ukuran yang cenderung lebar dan tidak menjadikan bentuk tubuh terlihat. Tak heran jika ketiga busana tersebut adalah favorit dari para pengguna hijab. Meski demikian, banyak yang kerapkali masih bingung dalam membedakan ketiga jenis pakaian ini. Agar nantinya tidak salah dalam memilih atau membeli, maka berikut ini perbedaan abaya, gamis dan kaftan.

1. Abaya

Busana yang satu ini asalnya adalah dari Timur Tengah. Banyak yang menyebut abaya dengan gamis Arab. Model dari abaya sendiri adalah simpel dengan bentuk yang melebar sehingga dipastikan nyaman untuk dikenakan. Kamu pun tidak akan khawatir bentuk tubuh terlihat karena abaya ini modelnya melebar. Dengan modifikasi di sana sini, maka tak heran jika abaya pun memiliki daya tarik tersendiri. Tak hanya berwarna hitam, kini abaya tersedia dalam ragam warna yang bisa disesuaikan dengan selera kamu. Kamu juga bisa memadukannya dengan hijab model modern sehingga bisa memaksimalkan penampilan. Berbagai abaya kini sudah dipadukan dengan hiasan manik, layer dan bordir sehingga makin cantik.

2. Gamis

Mungkin gamis adalah pakaian yang amat sangat familiar untuk para wanita. Desain dari gamis ini longgar tapi masih bisa memperlihatkan lekukan pinggang. Modelnya umumnya lurus. Namun dengan kian berkembangnya zaman maka gamis juga dibuat dengan banyak inovasi. Jika awalnya hanya berbahan katun saja, maka kini gamis sudah berbahankan brokat, satin dan masih banyak lagi. Dengan model yang variatif, maka jangan heran jika gamis kerapkali dikenakan di berbagai acara yang sifatnya formal.

3. Kaftan

Kaftan ini kerapkali disamakan dengan abaya karena busananya juga dikenal dari Timur Tengah. Jika abaya dari Arab, maka kaftan ini merupakan model busana tunik yang dipakai ketika zaman kerajaan Persia Kuno di beberapa abad yang silam. Bentuknya mirip abaya yakni dengan model yang longgar. Selain itu ciri dari kaftan adalah dengan tanpa potongan lengan. Di awal munculnya kaftan, busana ini bentuknya cenderung kotak dan tanpa detail hingga hiasan seperti apapun. Tapi kini model kaftan sudah sangat banyak sekali dimana disesuaikan dengan perkembangan zaman. Tak heran jika kaftan begitu banyak diminati oleh para wanita berhijab. Beberapa detil yang jadi andalan kaftan yakni dengan detil draperi, kerut dan lain sebagainya.

Meski mayoritas dipakai oleh muslimah, tapi dengan perkembangan model pakaian abaya, gamis dan kaftan juga banyak dikenakan oleh non muslim juga lho. Dengan mengetahui perbedaannya, maka kini kamu bisa lebih mudah dalam memilih busana untuk dikenakan bukan?

Baca Juga Bingung Style Hijab Kamu Itu-itu Aja? Lengkapi Gaya Hijab Modern dengan Fashion Item Berikut

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tampil Keren Bercelana Jeans Dengan Tips Padu Padan Berikut. Dijamin OOTD Mu Bakal Menarik Perhatian!

Tampil Keren Bercelana Jeans Dengan Padu Padan Berikut