Luka bakar yang disebabkan karena terkena minyak panas, terkena knalpot, terkena air panas atau bahan kimia akan gawat jika tidak secara tepat ditangani. Kulit akan melepuh, mengelupas dan meninggalkan bekas luka yang bisa sulit dihilangkan. Penanganan luka bakar tak perlu kamu sampai ke rumah sakit, cukup kamu lakukan dirumah menggunakan bahan alami disekitarmu. Inilah cara menyembuhkan luka bakar secara alami.

 

  1. Madu
    madu

    Manfaat madu yang sangat banyak menjadikan juga sebagai obat luka bakar. Madu yang mengandung zat antiseptik dapat menyembuhkan luka bakar ringan seperti terkena knalpot, minyak/air panas. Madu akan meminimalisir rasa terbakar dan bekas luka dalam beberapa hari. Cara penggunaannya mudah yaitu cukup mengoleskan madu pada bagian yang terkena luka bakar. Diamkan beberapa saat agar zat dari madu meresap ke kulit.

    2.Lidah buaya
    lidah buaya

    Lidah buaya atau yang bernama latin aloe vera ini bisa dengan cepat menyembuhkan luka bakar. Caranya cukup dengan mematahkan lidah buaya, dibagian yang keluar getah dioleskan ke luka bakar. Lakukan cara tersebut secra terus menerus sampai luka mengering. Getah lidah buaya berfungsi mendinginkan lupa dan mempercepat proses pemulihan jaringan kulit.

    3. Lavender
    minyak-lavender

    Sejatinya lavender adalah tumbuhan liar yang tumbuh di semak semak. Selain terkenal dengan manfaatnya mengusir nyamuk, lavender juga bisa mengobati luka bakar. Untuk penyembuhan luka bakar, gunakan lavender yang sudah di olah menjadi minyak lavender. Campurkan minyak lavender dengan lidah buaya lalu oleskan ke luka bakar. Jika anda tidak mempunyai minyak lavender, kamu bisa menggantinya dengan minyak zaitun.

    4. Kulit pisang
    kulit-pisang

    Seringkali kita menyepelekan kulit pisang karena merasa tidak ada gunanya. Tapi kulit pisang itu memiliki manfaat untuk mengobati luka bakar. Kulit pisang bagian dalam di oleskan lembut ke bagian luka bakar. Disarankan kulit pisang dioleskan ke luka sampai kulit pisang berwarna hitam agar pemaksimalan zat yang terkandung bekerja sempurna.

    5. Cuka
    cuka

    Cuka bisa dibilang merupakan senyawa kimia organik yang berguna mengobati luka bakar. Basahi kapas atau kain dengan cuka, kemudian kompres luka bakar itu. Lakukan terus dengan cuka yang masih segar ketika rasa sakitnya meningkat.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Meski Tanpa Oplas, Ternyata Ini Cara Memiliki Kulit Cantik Layaknya Wanita Korea

Wanita Korea sudah dikenal dengan kecantikannya. Selain dari