Scrub ialah butiran-butiran kasar yang terdapat di dalam berbagai produk kecantikan, seperti sabun pembersih, pelembab, lotion, body butter dan lainnya.Butiran-butiran itu memiliki fungsi yang sangat baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Selain itu bisa juga untuk menghaluskan permukaan kulit.

Sebenarnya banyak sekali produk-produk kecantikan yang telah menggunakan scrub untuk perawatan wajah dan tubuh, tetapi lebih baik sahabat mencoba untuk membuat perawatan kecantikan sendiri di rumah. Selain mudah dan murah, kamu juga dapat terhindar dari efek samping. Berikut cara membuat scrub berbahan alami.

 pembersih-wajah-alami

Membuat Scrub Minyak Zaitun

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit wajah kering, sahabat dapat mencoba untuk menggunakan minyak zaitun atau olive oil untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit wajah dan memberikan kelembapan pada tekstur kulit yang kering. Caranya dengan mencampurkan 2 sendok teh minyak zaitun dengan 2 sendok teh dula ke dalam wadah atau mangkuk. Setelah itu gosok dan pijatlah dengan lembut ke bagian wajah, diamkan selama kurang lebih 10 menit. Kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukanlah secara rutin untuk membuat kulit menjadi tidak kering dan lembut.

Membuat Scrub Dari Garam

Garam bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit mati, meningkatkan sirkulasi dan dapat menghaluskan kulit wajah. Untuk itu selain sebagai bumbu dapur, garam juga dapat digunakan untuk merawat kecantikan kulit. Caranya campurkan 1 cangkir air garam dengan minyak zaitun, setelah itu tambahkan 5 tetes minyak esensial. Kemudian aduk hingga rata, setelah itu oleskan dan pijat wajah dengan lembut, diamkan selama beberapa menit hingga minyak meresap pada kulit wajah. Bilas dengan air hangat dan usaplah dengan handuk kecil hingga kering.

 

Scrub Alami Dari Lemon

Bagi kamu yang memiliki jenis muka berminyak, kamu dapat membuat scrub dengan menggunakan buah lemon. Buah lemon mengandung Vitamin E yang dapat bermanfaat untuk menjaga, melembapkan, dan menyeimbangkan mineral yang dibutuhkan oleh kulit. Caranya juga sangat mudah hanya dengan menyiapkan 1 buah lemon, lalu peras. Kemudian hasil perasan tersebut dicampurkan dengan air garam. Aplikasikan pada wajah dengan gerakan memijat dari arah bawah ke atas. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Scrub Alami Dari Gula

Gula pasir merupakan bahan utama untuk membuat scrub yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit menjadi cerah dan bercahaya. Kamu dapat membuat scrub dari gula pasir dirumah dengan cara mencampurkan 1 sendok makan gula pasir dengan minyak zaitun, kemudian tambahkan gel lidah buaya atau madu. Setelah semua bahan tercampur, tuangkan scrub pada telapak tangan, kemudian oleskan pada permukaan wajah dengan pijatan lembut melingkar. Diamkan selama 5 hingga 10 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Scrub ini dapat digunakan untuk perawatan wajah dan tubuh.

Membuat Scrub Alami Dari Madu

Madu berkhasiat sebagai antiseptik yang dapat mematikan bakteri dan mencegah infeksi di bawah kulit, karena madu mengandung Vitamin C, magnesium dan asam amino. Caranya dengan mencampurkan 2 sendok teh madu dengan 2 sendok teh gula pasir, kemudian aplikasikan pada wajah secara merata dan pijat dengan lembut dengan gerakan memutar. Diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Suka Mewarnai Rambut? Ternyata Ini Hal Penting yang Wajib Diketahui Setelah Rambut Diwarnai

Suka Mewarnai Rambut? Ternyata Ini Hal Penting yang