Ada pepatah mengatakan sepatu yang baik akan membawa kamu ke tempat yang baik. Oleh sebab itu tak jarang orang yang memiliki hobi mengoleksi sepatu. Sepatu menjadi salah satu fashion item yang sangat menunjang penampilan. Ada berbagai jenis sepatu sesuai kegunaannya. Sepatu juga terbuat dari berbagai bahan. Jika mengoleksi sepatu terkadang kita kerepotan untuk merawat sepatu. Salah dalam mencuci sepatu dapat mengakibatkan sepatu menjadi kusam dan rusak. Salah satu cara merawat sepatu adalah dengan cara mencuci sepatu. Mencuci sepatu sebaiknya juga dibedakan berdasarkan bahan sepatu. Mencuci sepatu kulit pasti akan bereda dengan mencuci sepatu berbahan kain. Berikut ini adalah cara mencuci sepatu berdasarkan bahan untuk membuat sepatu.

1. Sepatu kain

Kain merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan dalam membuat sepatu karena ringan, mudah didapatkan dan memiliki berbagai warna dan motif. Sepatu yang sering dibuat dengan kain yaitu sandal bertali, sepatu kets, dan flat shoes. Mungkin selama ini ada yang mencuci sepatu kain menggunakan sepatu kain supaya lebih praktis. Namun cara tersebut sebaiknya jangan dilakukan. Tidak semua bagian dari sepatu kain dijahit. Ada juga yang menggunakan lem untuk menyatukan bagian-bagian sepatu. Oleh sebab itu tidak semua bagian sepatu tahan jika terendam air terlalu lama.

Sebaiknya bersihkan sepatu kain menggunakan sabun pencuci piring dan sikat bagian yang kotor menggunakan sikat gigi. Akan tetapi sebelum membersihkan sepatu dengan metode tersebut, sebaiknya bersihkan permukaan sepatu dari debu dan kotoran menggunakan handuk. Jika sepatu sudah bersih, keringkan sepatu dengan cara menepuk-menepuk sepatu menggunakan handuk lain yang kering.

2. Sepatu kulit dan kulit sintesis

Bahan yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan sepatu kulit yaitu larutan air dingin dan cuka. Cuka memang selalu menjadi bahan andalan untuk membersihkan kotoran. Caranya cukup mudah, tuang cuka pada kain lalu usap kain ke sepatu. Jika sepatu kamu lecet maka kamu bisa menyemir sepatu. Akan tetapi tidak semua warna sepatu sama dengan semir. Oleh sebab itu kamu juga bisa menggunakan baking soda. Caranya sangat mudah yaitu celupkan kain pada baking soda lalu gosokan kan pada sepatu.

3. Sepatu suede dan sepatu bulu domba

Sepatu suede dan bulu domba biasanya digunakan untuk membuat sepatu boots karena bahannya yang cukup tebal sehingga dapat membuat kaki tetap hangat. Cara mudah untuk merawat sepatu tersebut adalah selalu menjaganya dalam kondisi yang kering. Jika terkena debu, kamu bisa menyikatnya saja. Jika sepatu kamu yang terbuat dari suede dan bulu domba terkena coretan maka kamu bisa membersihkannya menggunakan penghapus. Jika terkena minyak, kamu bisa membersihkannya menggunakan bedak. Taburkan bedak pada bagian yang terkena minyak lalu biarkan selama satu jam kemudian sikat sepatu.

4. Sepatu olah raga

Sepatu olah raga merupakan sepatu yang unik karena bisa dibersihkan menggunakan mesin cuci. Akan tetapi sebelum memasukannya kedalam mesin cuci, kamu sebaiknya melepas tali sepatu dan insole sepatu. Bagian insole sepatu sebaiknya kamu bersihkan secara manual menggunakan sikat. Setelah itu keringkan sepatu dengan cara diangin-anginkan bukan menggunakan mesin pengering.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/tips-membeli-sepatu-boots-yang-nyaman-untuk-aktivitasmu/

http://www.tampilcantik.com/minyak-kembang-sepatu-yang-ternyata-bermanfaat-untuk-rambut-kamu/

http://www.tampilcantik.com/ini-nih-jenis-sepatu-yang-wajib-kamu-coba/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Alasan Mengapa Wanita Mungkin Merasa Lebih Baik Jika Mereka Berhenti Memakai Bra

Dari menyebabkan payudara yang kendor, iritasi kulit, dan