Makan di atas jam delapan malam memiliki reputasi buruk bisa membuat gendut. Pesan-pesan diet klasik yang kita dapatkan mulai dari orangtua sampai majalah-majalah kesehatan menyarankan kita untuk menjauhinya bukanlah tanpa alasan. Namun sebenarnya, menurunkan berat badan lebih berhubungan langsung dengan apa yang kita makan dan berapa banyak porsi makan kita. Makan snack malam-malam, jika dilakukan dengan sehat, bisa malah menguntungkan.

Mau tahu apa saja yang boleh kita konsumsi tiap malam seandainya lidah dan perut kita tak mau kompromi tapi program diet kita juga tidak boleh gagal? Berikut adalah contoh-contoh cemilan sehat saat malam.

Dark chocolate

Cokelat seringkali dipandang sebagai salah satu makanan terlarang. Namun, tak setiap cokelat punya kualitas yang sama. Ada perbedaan nutrisional besar antara cokelat yang biasa kita beli di toko atau minimarket dengan dark chocolate yang kaya kakao. Dark chocolate tidak mengandung gula tambahan yang harus kita jauhi. Malahan, cokelat ini kaya antioksidan yang bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan meningkatkan mood kita. Jadi, jika kamu ingin nyemil malam-malam, jangan ragu untuk menyantap sebatang cokelat yang memiliki kandungan kakao 70% atau lebih.

Es krim stroberi pisang

Es krim adalah cemilan menggiurkan untuk disantap malam-malam sambil menonton film atau mengerjakan tugas. Namun sayang, setengah cup-nya saja mengandung 200 kalori, jadi jelas harus dibatasi. Alternatifnya, gantilah dengan pisang beku buatan kamu sendiri. Pisang yang dihancurkan punya konsistensi tekstur seperti es krim tanpa tambahan gula, lemak dan kalori, jadi kamu bisa merasakan nikmatnya es krim tanpa khawatir jadi gendut. Ini resep sederhananya: kupas dan potong-potong dua pisang matang dan secangkir stroberi. Bekukan bahan-bahan itu di dalam freezer. Lalu, hancurkan dalam sebuah blender sampai bertekstur seperti es krim. Jadilah es krim vegan buatanmu sendiri!

Biji labu

Kriteria cemilan malam sehat adalah makanan itu harus bisa memenuhi hasrat nyemilmu sekaligus mampu membuatmu tenang dan siap beristirahat di kasur. Biji labu panggang bisa jadi pilihan yang tepat. Satu sajian biji ini mengandung hampir 50 persen asupan magnesium yang direkomendasikan. Magnesium adalah mineral penting yang digunakan dalam lebih dari 300 jenis reaksi di dalam tubuh. Salah satunya adalah untuk proses relaksasi. Jadi, ini adalah makanan yang tepat untuk membuat rileks sebelum tidur. Apalagi ditambah dengan rasa sedikit asinnya yang akan bisa menggantikan hasrat makan snack asin yang biasanya kita lampiaskan dengan menyikat habis keripik kentang. Yumm, cocok sekali untuk pengiring nonton TV.

Susu hangat dan madu

Susu hangat telah lama digunakan untuk membantu tidur. Ini membuat minuman lezat tersebut jadi pilihan tepat untuk dikonsumsi malam-malam jika kamu sering kesulitan tidur. Sebenarnya, efek relaksasi dari minum susu lebih bersifat psikologis dan bukannya fisiologis. Namun, jika kamu menambahkan madu di dalam segelas susumu, tambahan gulanya akan menstimulasi hormon-hormon pembentuk serotonin dan membuat kamu menjadi semakin tenang dan nyaman. Tidurmu pun akan makin pulas!

Baca juga Kegemukan Gak Cuman Dipengaruhi Pola Makan Dan Olahraga Saja. 5 Faktor Ini Juga Bisa Menyebabkan Seseorang Menjadi Gemuk

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Inilah Tahapan yang Akan Kamu Lalui Saat Proses Menurunkan Berat Badan

Memiliki bentuk tubuh yang ideal adalah dambaan hampir