Siapa siih orang yang tidak kenal dengan cabai? Cabai mempunyai rasa yang pedas tetapi sangat digemari oleh banyak orang. Ternyata dibalik rasanya yang pedas, cabai memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita. Salah satunya adalah untuk mengatasi masalah kulit yaitu mengobati jerawat yang meradang pada wajah. Pasti kamu heran, saat cabai terkena tangan saja terasa pedas dan panas, lalu bagaimana jika digunkan untuk mengobati jerawat?

Banyak penelitian yang telah dilakukan dan membuktikan, bahwa cabai mempunyai kandungan anti-inflamasi serta anti bakteri, sehingga dapat mengurangi peradangan yang ada dalam kulit. Selain itu, dalam cabai mengandung senyawa capsaicin yang bekerja untuk menghambat substance P yang akan menyebabkan radang dan beberapa jenis rasa sakit, dan salah satunya akibat jerawat yang meradang. Karena saat jerawat sedang meradang, maka akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Tetapi jangan berpikir jika cara mengatasi jerawat dengan cabai adalah dengan cara kamu mengoleskan cabai pada jerawat yaa. Cabai tidak dioleskan langsung pada wajah seperti bahan alami lain untuk mengatasi jerawat. Jadi untuk mendapatkan manfaatnya jangan sampai kamu mengoleskannya langsung pada wajah yang berjerawat. Karena hal yang kamu lakukan itu hanya akan membuat kulit kamu terbakar. Dan kulit akan menjadi melepuh.

Untuk mendapatkan manfaat cabai dalam mengatasi jerawat yang meradang, kamu hanya perlu mengonsumsi makanan yang pedas. Hal ini dilakukan untuk membuat peradangan yang ditimbulkan jerawat bisa berangsur membaik dan dapat sembuh dengan cepat. Kenapa bisa begitu? Karena keringat yang keluar akan membuat kotoran dan bakteri yang ada dalam pori-pori terlepas . selain itu keringat juga membantu dalam mempercepat dan mempermudah penyembuhan jerawat.

Akibat lain dari jerawat yang meradang adalah gatal. Dan cabai tidak hanya mengatasi jerawat yang sedang meradang saja, tetapi kulit yang gatal karena jerawat, ataupun gatal akibat gigitan serangga atau terkena psoriasis. Hal ini karena kandungan capsaicin yang ada dalam cabai. Sebenarnya kulit yang terkena penyakit psoriasis dapat hilng dengan sendirinya. Tetapi kadang penyakit ini bisa menjadi penyakit yang permanen, dan bisa menyebar ke bagian tubuh yang normal.

Berapa banyak cabai yang harus kamu makan untuk mengatasi jerawat yang meradang, itu tidak ada takarannya. Itu tergantung seberapa tahan kamu dengan rasa pedas. Jika orang yang tidak suka pedas, maka dengan makan cabai sedikit saja sudah membuatnya menjadi berkeringat. Tetapi ada juga yang perlu makan cabai banyak untuk membuatnya berkeringat. Jadi kamu tinggal menyesuaikan berapa banyak cabai yang bisa kamu makan untuk mengatasi jerawat meradang yang kamu alami.  Jika memang tidak kuat makan pedas, jangan terlalu dipaksakan. Karena nanti malah membuat kamu sakit perut.

Baca juga Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Meradang Pada Wajah. Jadi Gak Usah Khawatir Lagi.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Natural Remedies yang Bisa Membuat Kulit Wajah Kamu Terlihat Lebih Baik Pada Pagi Hari

Terlepas dari jenis atau warna kulitnya, terbangun dengan