tidur

 

Beberapa orang sering mengalami insomnia atau kesulitan tidur, hal ini sangat menyiksa dan menganggu karena saat tubuh ingin beristirahat tapi tidak bisa apalagi bagi seseorang yang memiliki aktifitas dan pekerjaan yang sangat padat dan membuat tubuh sangat kelelahan di malam hari. Rasanya saat tiba di rumah ingin segera tidur dan istirahat dengan nyenyak.

 

Bagi seseorang yang dituntut bangun pagi dan harus segera beraktifitas sangat terganggu dengan keadaan ini karena tubuh terasa lelah dan tidak segar saat bangun pagi dan menjalani pekerjaan. Selain mengganggu kenyamanan insomnia juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan loh, mau tau apa saja ? nah berikut ini dampak negatif dari insomnia yang dikutip dari helosehat.com

 

  1. Efek psikologis seperti gangguan memori, tidak fokus, pelupa, kehilangan motivasi, depresi.
  2. Efek fisik atau somatic seperti nyeri otot, kelelahan, hipertensi, tubuh rentan terkena penyakit dan kekebalan tubuh menjadi lemah. Kurang tidur dapat membuat sistem imun dan kekebalan tubuh menurun(Putri, 2015).
  3. Efek sosial seperti membuat seseorang kurang produktif, kurang bisa menikmati hubungan keluarga dan sosial.
  4. Memiliki angka harapan hidup lebih sedikit dibandingkan orang yang tidur teratur 7 – 8 jam semalam.
  5. Stress meningkat. Dari penelitian Universitas Chicago mengungkapkan bahwa produksi kortisol atau hormon stres akan meningkat jika tidur seseorang kurang dari 7 jam. Selain itu juga dapat meningkatkan detak jantung normal cara menurunkan darah tinggi dan glukosa rendah. (baca juga: cara menghilangkan stres)
  6. Tampak lebih tua. Kurangnya tidur seringkali membuat kulit lebih pucat dan wajah terlihat lelah. Jyotsna Sahni, MD ahli masalah tidur di Canyon Ranch, Tucson (Putri, 2015) menyatakan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan kadar kortisol yang memperlambat produksi kolagen sehingga memicu keriput lebih cepat.
  7. Resiko terkena kanker lebih tinggi. Olahraga dapat membantu mencegah kanker, tetapi kurangnya tidur juga dapat merusak efek pelindungnya. Dalam penelitian Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health Studi menjelaskan bahwa penggemar olahraga yang tidurnya kurang dari 7 jam memiliki kesempatan lebih besar 50% mengidap kanker dibandingkan mereka yang rutin melakukan senam dan tidur cukup(Putri, 2015).

 

Insomnia bisa disebabkan karena kebiasaan tidur terlalu malam juga oleh karena itu cukupi waktu tubuh untuk beristirahat, terapkan pola hidup sehat dengan mangatur waktu istirahat dan asupan makan yang baik.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ingin Memiliki Otot Perut Kencang dan Kuat? Inilah Olahraga Sebelum Tidur yang Bisa Kamu Lakukan

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting demi menunjang