Perkembangan zaman memang bukan sesuatu yang bisa dihindari. Teknologi yang semakin berkembang ini juga memudahkan hidup manusia. Namun, kemudahan teknologi tentu saja juga datang dengan dampak buruk seperti radiasi ponsel. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh WHO, penggunaan ponsel atau radiasi ponsel bisa meningkatkan resiko kerusakan otak dan kanker otak. Bahkan pada wanita hamil, radiasi ponsel bisa menyebabkan kerusakan pada perkembangan otak dan sistem reproduksi ketika masa kehamilan.

Tidak banyak orang yang memberikan perhatian serius pada dampak penggunaan ponsel. Tapi bila digunakan secara berlebihan, radiasi ponsel bisa berdampak serius pada kesehatan. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi radiasi ponsel demi kesehatan yang lebih baik.

Hindari terlalu sering menempelkan ponsel pada tubuh

Hampir setiap orang selalu membawa ponselmu bisa mengurangi kontak ponsel dengan tubuh. Hindari membawa ponsel dalam saku baju sepanjang waktu. Lebih baik membawa ponsel di dalam tas karena meskipun tidak digunakan, ponsel akan tetap mengeluarkan radiasi. Sehingga meminimalkan kontak dengan tubuh bisa membantu mengurangi radiasi ponsel.

Matikan ponsel ketika tidur

Tidak sedikit orang yang pergi tidur dengan membawa ponsel di samping tempat tidur. Kebiasaan ini ternyata cukup buruk karena radiasi ponsel dan juga sinar biru yang dihasilkan bisa mempengaruhi kualitas tidurmu. Bila kamu ingin tidur dengan nyenyak., sebaiknya mulai sekarang matikan ponsel atau setidaknya setting ponsel pada mode pesawat agar ponsel tidak mengasilkan gelombang elektromagnetik. Dengan begitu kamu bisa tidur dengan lebih baik tanpa terpapar radiasi ponsel.

Gunakan headset atau speaker

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, mengurangi kontak dengan ponsel ada cara yang baik untuk mengurangi radiasinya. Kamu bisa mulai dengan menggunakan headset (namun bukan yang tipe wireless) ketika membuat panggilan. Cara lain adalah dengan menggunakan speaker phone sehingga kamu tidak perlu menempelkan ponsel langsung ke telinga. Bila memungkinkan, cobalah gunakan telepon rumah atau telepon kabel yang tidak mengeluarkan radiasi.

Hindari menggunakan ponsel di tempat yang terbuat dari besi

Dewasa ini hampir semua orang selalu menggunakan ponsel dimanapun dan kapanpun bahkan ketika sedang dalam perjalanan. Faktanya penggunaan ponsel di tempat yang terbuat dari besi seperti mobil, kereta, lift, pesawat, dan sejenisnya meningkatkan radiasinya. Selain meningkatkan radiasi ponsel, besi juga memantulkan radiasi yang bisa menyebar pada orang-orang di sekitarmu. Oleh karena itu, hindari penggunaan ponsel di tempat-tempat yang terbuat dari besi ataupun lokasi-lokasi yang di dalamnya terdapat banyak barang yang terbuat dari besi.

SMS lebih baik daripada telepon

Untuk mengurangi kontak ponsel dengan tubuh, kamu bisa memilih SMS daripada telepon. Hal ini ketika kamu mengirim pesan SMS, ponsel hanya akan mengirimkan sinyal satu kali setiap saat. Berbeda dengan membuat panggilan telepon selama 15 menit, mengirim pesan SMS tentu tidak memberikan radiasi yang terlalu banyak.

Meskipun penggunaan ponsel memang sudah tidak bisa dihindari lagi, namun kamu tetap harus menggunakannya dengan bijaksana. Jangan sampai teknologi yang diciptakan untuk memudahkan hidup malah memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/5-kesalahan-penggunaan-smartphone-yang-mungkin-setiap-hari-kamu-lakukan/

http://www.tampilcantik.com/kamu-mengalami-gangguan-kecemasan-di-pagi-hari-berikut-penyebab-dan-penanggulangannya-menurut-pakar-kesehatan-mental/

http://www.tampilcantik.com/bosan-ke-pasangan-itu-normal-yuk-atasi-dengan-cara-ini/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Kebiasaan yang Wanita yang Berdampak Buruk pada Kesehatan

Sejak kecil, kita diajarkan bahwa minum alkohol dan