Menyempatkan waktu untuk berolah raga, pastinya merupakan tantangan tersendiri. Berapa kali sih kamu gagal jogging, gara-gara malas bangun pagi? Atau berapa banyak keanggotaan di tempat kebugaran yang akhirnya terbengkalai hanya setelah 1-2 kali dipakai? Rencanamu untuk berolahraga selalu tertunda-tunda karena banyak hal yang sepertinya lebih menyenangkan. Padahal olah raga setiap hari itu penting sekali untuk menjaga kondisi tubuh dan membentuk badan yang ideal.

Pentingnya Komunitas Olahraga

Mempunyai komunitas dengan hobi dan tujuan yang sama ternyata berperan penting dalam memberikan motivasi untuk melakukan sesuatu. Penelitian dari Departemen Kinesiologi Universitas Indiana menyebutkan bahwa olahraga bersama komunitas 200% lebih membuahkan hasil daripada berolahraga sendiri. Hal ini disebabkan karena rasa tanggung jawab untuk bekerja lebih keras apabila merupakan bagian dari sebuah tim. Selain itu, komunitas dengan tujuan yang sama akan memberimu inspirasi dan pengalaman baru dari pencapaian anggota lainnya.

Terutama sebagai wanita, kekompakan dalam sebuah komunitas berperan penting dalam tercapainya sebuah tujuan. Sebagai anggota sebuah grup, wanita lebih termotivasi untuk melakukan lebih banyak agar sesuai dengan harapan rekan-rekannya. Apalagi ketika kita sudah menemukan teman-teman yang cocok dalam komunitas itu. Perhatian dan kebersamaan dari mereka berperan besar untuk meningkatkan kemajuanmu. Bahkan sebuah penelitian dari Universitas Stanford menyebutkan bahwa telepon yang menanyakan kemajuanmu selama dua minggu sekali saja bisa memperoleh 78% kemajuan lebih banyak dari berolahraga sendirian.

Manfaat Berolahraga Bersama

Dengan bergabung dengan satu komunitas olahraga, pastinya kegiatan itu akan lebih menyenangkan. Kamu akan bertemu orang yang menghadapi masalah yang sama, misalnya sama-sama ingin mengecilkan paha atau ingin menurukan berat badan beberapa kilo dalam seminggu. Di sana, kalian bisa berbagi tips dan juga saling menyemangati. Kamu juga bisa mendengar cerita-cerita tentang pengalaman pribadi dari mereka yang sudah melalui latihan lebih berat dari kamu. Contoh nyata akan membuatmu percaya bahwa kamu pun pasti bisa!

Teman-temanmu dalam komunitas akan mencarimu ketika kamu tidak datang. Mereka akan setia menelponmu agar bangun untuk sesi jogging pagi. Mereka juga mungkin bahkan menjemputmu ketika hari hujan, atau kalian bisa janjian untuk berangkat bersama-sama. Hal-hal kecil seperti janji kepada orang lain membuatmu lebih berkomitmen untuk menjalani rutinitas latihan. Ketika teman-temanmu mengharapkan usahamu, kamu juga akan berusaha lebih keras dalam setiap sesi latihan.

Motivasi itu juga berlaku dua arah. Di satu waktu, kamu terinspirasi dari kisah temanmu, namun di lain waktu orang lain yang akan terinspirasi oleh kisahmu. Perasaan telah membantu orang lain  bisa mencapai tujan akan memberikan kebanggan bagi kamu dan membuatmu bersemangat untuk mencoba lebih keras lagi. Waktu berolahraga tidak akan lagi terasa berat dan membosankan seperti ketika kamu melakukan semuanya sendirian.

Baca juga Anak Muda Sekarang Sedang Tergila-gila Dengan Gym. Yuk Mejeng Dikit Dengan Tampil Stylish Saat Olahraga

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini Beberapa Taktik Diet yang Bikin Jadwal BAB-mu jadi Berantakan

Merasa aneh karena akhir-akhir ini BAB-mu tidak seperti