Hasil gambar untuk mandi

Mandi merupakan salah satu rutinitas penting yang harus kita lakukan setiap hari. Dengan mandi yang menyegarkan dan meremajakan akan membuat kita lebih sehat baik secara fisik maupun mental. Tapi tahukah kamu ada beberapa kesalahan ceroboh yang kita lakukan saat mandi? Kesalahan ini bisa membawa kita pada masalah kesehatan yang serius. Jadi, lebih baik menyimpan beberapa poin atau tips ini dalam pikiran kamu, dan menghindarinya untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

Dan inilah beberapa kesalahan saat mandi yang mungkin tidak kamu ketahui. Yuk kita lihat sekarang.

  1. Berdiri di Kamar Mandi Terlalu Lama

Kita semua suka berdiri di kamar mandi untuk waktu yang lama. Setelah hari yang panjang melelahkan, mandi memberi kita relaksasi baik untuk pikiran dan tubuh. Tapi sesuai dengan para ahli, berdiri di pancuran selama lebih dari 10 menit dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Jadi, mulai sekarang dan seterusnya, jadikan itu alasan untuk tidak berdiri di bawah pancuran terlalu lama meski kamu sangat menikmatinya.

  1. Mandi air panas

Air panas bisa menghilangkan minyak esensial alami dari tubuh kita.. Sehingga hal ini akan membuat tubuh kita kering. Selain itu, hal ini juga dapat  membuka pori-pori kulit kita, dan dapat menyebabkan masalah lebih lanjut. Tidak hanya itu saja, mandi di air yang terlalu panas bisa menyebabkan gatal dan menimbulkan kemerahan di kulit kita. Namun, kamu  bisa menggunakan air hangat untuk mandi agar terhindar dari masalah di atas.

  1. Jangan Gunakan Sabun Terlalu Banyak

Kita semua pasti ingin tetap segar dan berbau harum sepanjang hari. Karena ini, kita cenderung menggunakan lebih dari jumlah sabun yang dibutuhkan dalam sehari. Ingat, bahwa sabun terbuat dari bahan kimia dan bila digunakan secara teratur dalam jumlah banyak, ini bisa mengubah keseimbangan pH kita. Hal ini akan membawa tubuh kita kemampuan alami untuk melawan bakteri dan agen eksternal lainnya. Jadi, disarankan untuk menggunakan sabun alami tanpa bahan kimia atau mengurangi jumlah sabun yang kamu gunakan.

  1. Tidak Mencuci Handuk Mandi Kamu

Tujuan utama kita semua mandi adalah untuk menjaga kebersihan. Bukan hanya tubuh kita yang harus tetap higienis dan bersih, tapi seharusnya juga hal yang kita gunakan untuk itu. Sebagian besar dari kita menggunakan puff, loofas, handuk dayng yang lainnya, tapi kita cenderung tidak merawatnya. Padahal, semua peralatan yang kita gunakan untuk mandi harus selalu kamu bersihkan. Karena dengan begitu akan mencegah terbentuknya jamur dan bakteri yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

  1. Jangan Cuci Rambut Kamu Setiap Hari

Ya, ini mitos bahwa mencuci rambut setiap hari akan membuat rambut kamu lebih bersih dan lebih sehat. Mencuci rambut memang membuat rambut kamu bersih tapi tidak setiap hari. Padahal, jika kamu mencuci rambut setiap hari, justru akan membuat kulit kepala kamu menjadi lebih berminyak. Jadi, lebih baik cuci minimal tiga kali seminggu untuk mendapatkan rambut yang sehat.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Inilah Tips untuk Traveling yang Ramah Lingkungan

Kamu sedang merencanakan liburan akhir tahun? Kota mana