Menjadi pribadi yang lebih baik seiring waktu berjalan merupakan sebuah keniscayaan. Baik untuk dirinya sendiri, maupun lingkungan sekitar.  Di saat bersamaan, masing-masing orang memiliki keinginan untuk mengungkap citra dirinya di depan orang lain. Beberapa orang mencoba untuk menanamkan sudut pandang orang lain pada dirinya sebagai ini dan itu. Citra diri seseorang akan sangat menentukan bagaimana orang tersebut bersikap dan bagaimana diperlakukan oleh orang lain.

Membangun citra diri atau personal branding, merupakan hal yang penting bagi semua orang. Terutama ketika berada di lingkup profesional. Namun, terkadang personal branding ini justru menjadi bumerang tersendiri bagi orang bersangkutan. Agar hal-hal yang tidak diharapkan terjadi, kamu harus menerapkan trik berikut ini agar personal brandingmu sukses:

Mengenali Diri Sendiri

woman

Kamu tidak perlu menjadi orang lain ketika kamu ingin menciptakan citra diri yang baik. Dengan mengenali diri sendiri, baik sisi positif maupun sisi negative, akan sangat membantumu untuk menjadi diri sendiri. Dengan begitu, kamu akan bisa lebih maksimal dalam mengeksplorasi dirimu. Jika seudah begitu, citra positif akan melekat padamu, sementara kamu tetap menjadi diri sendiri.

Talk Less

2016-08-31-1472677935-7716062-11thingsorganizedandproductivepeopledoeverydayhp

Menjadi sosok yang tidak banyak berbicara namun banyak beraksi akan sangat membantumu dalam mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Membicarakan kelebihan sendiri tanpa beraksi hanya akan menjadi bumerangmu sendiri, lho. Karena tidak semua orang mau mendengar dan menerimanya.

Memanfaatkan Sosial Media dengan Baik

o-smart-phone-facebook

Di era millennium seperti saat ini, di mana banyak hal sudah beralih ke versi digital, tak terkecuali sosial media yang menjadi ajang untuk memperkenalkan diri secara tidak langsung pada dunia dengan menampilkan citra diri yang positif. Citra diri yang baik dan positif dapat diperoleh dari penggunaan sosial media secara bijak.   Jadi, cobalah untuk menggunakan sosial media untuk hal-hal positif yang berhubungan dengan berkembangnya dirimu dan karirmu.

Tidak Berbohong

woman

Menjadi sosok yang jujur akan menghindarkanmu dari banyak kemungkinan buruk, seperti menjadi bahan gosipan, bulanan orang lain, hingga ketidakpercayaan orang lain terhadapmu. Kamu perlu untuk bersikap jujur baik pada dirimu sendiri dan orang lain. Jika kamu terbiasa jujur kepada siapapun, kamu tidak akan pernah merasa terbebani dengan hidup dan sikapmu sendiri. Biasakanlah untuk selalu jujur.

Melakukannya dengan Konsisten

work-at-home

Ketika kamu membangun citra diri yang baik, hal tersebut tidak serta merta hilang dalam waktu dua hingga tiga hari. Citra diri yang baik akan selalu bertahan. Satu-satunya cara untuk mempertahankannya adalah konsisten melakukannya sehingga menjadikannya sebuah kebiasaan. Konsisten dengan prinsipmu, tidak hanya akan membawamu pada keberuntungan-keberuntungan hidup saja, lho!

Baca juga Inilah Karakter Orang Berdasarkan Warna Lipsticknya!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Apa Yang Bisa Dilakukan Polusi Udara Pada Kulit Kamu?

Selama beberapa tahun terakhir, kualitas udara perkotaan telah