cara merawat muka berminyak

Beberapa orang memiliki jenis kulit yang berminyak, seperti yang kita ketahui bahwa tipe kulit yang berminyak ini membutuhkan perawatan khusus agar terhindar dari berbagai masalah kulit serta menjaga kecantikan kulit karena tipe kulit berminyak sangat rentan berjerawat yang disebabkan oleh minyak berlebih akan mudah terkena kotoran yang akan menutupi pori-pori kulit sehingga menjadi jerawat.

Namun sayangnya, tidak semua orang yang memiliki kulit berminyak mengetahui fakta ini. Beberapa dari mereka mengganggap bahwa wajah berminyak lebih mudah dirawat dibandingkan jenis kulit lainnya, kulit berminyak akan lebih lembab sehingga terhindari dari berbagai masalah seperti kulit kering dan garis halus serta keriput. Padahal si kulit berminyak dituntut untuk ekstra teliti saat memilih produk kecantikan dan saat melakukan perawatan. Ada yang bilang kulit berminyak harus sering cuci muka, ada yang bilang juga kulit sudah minyakan, ngapain pakai pelembap lagi? Sebenarnya apa yang harus dilakukan ? Yuk simak fakta dan mitos seputar kulit berminyak yang dikutip dari vemale.com berikut ini.

Kulit Berminyak harus Sering Eksfoliasi

Bagi beberapa wanita yang memiliki kulit berminyak mungkin eksfoliasi sudah terdengar sangat familiar, katanya bagi si kulit berminyak eksfoliasi sangat dibutuhkan karena perawatan ini mampu membersihkan kulit sampai ke dalam pori-pori dan mengangkat tumpukan sel kulit mati. Tapi eksfoliasi perlu dilakukan dengan “takaran” yang pas ya. Jadi kalau mendengar pernyataan makin sering eksfoliasi agar kulit tidak berminyak, ini MITOS. Terlalu sering melakukan eksfoliasi justru berbahaya untuk kesehatan kulit. Tiap kulit manusia punya kelembapan alami, kalau terlalu sering melakukan eksfoliasi (setiap hari misalnya), kulit bisa jadi kering dan akan memroduksi minyak berlebih sebagai bentuk pertahanannya. Lakukan eksfoliasi paling tidak 1 – 3 kali seminggu untuk hasil terbaik dan sesuaikan kebutuhan kulit kamu.

Selalu Cuci Muka Ketika Kulit Terasa Berminyak

Beberapa orang berpikir bahwa dengan cara mencuci muka kulitmu akan lebih baik dan minyak berlebih pada kulit dapat terangkat, mencuci muka ternyata hampir mirip dengan eksfoliasi, apabila kulit terlalu sering dibersihkan maka minyak alami pada kulit bagaikan dipaksa hilang dan membuat kulit malah menjadi kering. Sudah jelas bahwa sering mencuci muka dapat merawat kulit berminyak itu mitos yaa ladies. Faktanya mencuci muka bagi setiap orang sebaiknya 2 kali dalam sehari, yaitu di pagi dan di malam hari menggunakan cleanser yang lembut. Jika di tengah hari kamu merasa minyak pada wajah sudah berlebihan, siasati dengan menggunakan blotting paper.

Wajah Berminyak Tidak Membutuhkan Pelembab

Pernyataan ini sudah jelas mitos ya ladies, karena setiap kulit membutuhkan pelembab untuk menjaga kulit tetap terhindari, kulit berminyak itu bukan berarti kulitmu tidak akan mengalami dehindrasi yaa. Nah agar kulit berminyakmu tidak terasa lengket saat menggunakan pelembab, pilihlah pelembab dan serum yang memiliki tekstur ringan seperti pelembap water-based atau yang punya tekstur gel. Dengan begitu, kulit tetap terhidrasi, lembab, namun tetap terasa nyaman.

Kulit Berminyak Tidak Membutuhkan Toner

Mungkin kamu sering mendengar pernyataan ini, tapi perlu kamu ketahui bahwa pernyataan ini mitos yaa ladies, karena toner merupakan item yang punya banyak manfaat bagi kulit. Toner mampu mengembalikan pH kulit agar kembali seimbang setelah kulit dibersihkan sehingga kondisinya tidak terlalu berminyak, dan tidak terlalu kering. Produk skincare yang dipakai setelah toner pun bisa bekerja lebih efektif karena kondisi kulit sudah “dipersiapkan”.

Kulit Berminyak Jangan Menggunakan Makeup yang Terlalu Tebal

Nah kali ini pernyataannya fakta ladies, biasanya orang yang memiliki kulit berminyak memilih untuk mengaplikasikan makeup yang tebal untuk menutup kulit berminyaknya, tapi hal ini hanya akan membantunya sebentar saja ladies. Jika makeup digunakan secara berlebihan, beberapa jam sesudahnya, di saat minyak kembali muncul, rias wajah bisa terlihat cake dan seperti tidak membaur sempurna dengan kulit. Kamu yang punya kulit berminyak bisa menyiasatinya dengan memilih produk makeup yang berlabel “oil free”. Selain produk makeup yang perlu diperhatikan, pastikan juga untuk mengaplikasikan makeup-nya dengan baik

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini Dia Vitamin & Mineral yang Dibutuhkan untuk Mendapatkan Rambut Tebal

Rambut yang indah merupakan tanda tubuh yang sehat. Bagaimana