Kebiasaan merokok memang menjadi kebiasaan yang sangat buruk. Merokok sendiri kerap dikenal dengan efek yang bisa jadikan tubuh kurus atau bahkan menjadikan berat badan tak bertambah. Bagi sebagian orang, ternyata alasan ini menjadikannya tak ingin berhenti merokok karena khawatir menjadi gemuk. Lho kok bisa?

 

Merokok cegah berat badan naik

Saat kamu hirup asap rokok, maka denyut jantung akan menjadi meningkat sampai 20 kali untuk satu menitnya. Di satu sisi, efek ini bisa jadikan penyakit jantung. Sisi lainnya, ternyata penelitian mengungkap jika nikotin bisa jadikan pembakaran kalori di tubuh menjadi meningkat. Nikotin pun bisa menjadikan kecepatan metabolisme yang ada di tubuh meningkat. Inilah yang menjadikan berat badan tidak naik. Bahkan nikotin juga bisa menekan, hingga mengurangi nafsu makan dari para perokok.

 

Tak heran, jika seseorang berhenti merokok maka bisa menjadikan pertambahan berat badan. Ini karena metabolisme tubuh yang kembali normal. Sebetulnya perubahan ini menyehatkan kok lantaran tubuh tak lagi bekerja berlebihan seperti saat merokok.

 

Berhenti merokok bisa jadikan berat badan naik, kok bisa?

Seseorang ketika akan berhenti merokok bukan hanya menghadapi masalah dengan kecanduan nikotinnya, tapi juga adanya perubahan di sensasi rasa atau mengecap di dalam mulut. Bahkan seorang ahli pernah menyatakan jika seseorang berhenti merokok maka rasa makanan akan bisa lebih terasa lantaran indera pengecapnya yang membaik dan bisa bekerja layaknya semula. Tak heran jika nafsu makan pun bertambah dan kemudian ini yang memungkinkan menjadikan berat badan akhirnya naik.

 

Tips berhenti merokok dengan mudah

Berhenti merokok memang bukan perkara yang mudah, apalagi untuk mereka yang sudah kecanduan rokok dalam waktu yang lama. Kamu bisa mulai dengan proses demi proses mengurangi dan akhirnya sama sekali berhenti. Nah, untuk kamu yang ingin berhenti merokok dengan mudah maka berikut ini beberapa solusi yang bisa kamu lakukan.

  • Mengunyah permen karet. Saat ada keinginan merokok, ganti dengan kunyah permen karet.
  • Menggosok gigi lebih sering.
  • Berusaha mengalihkan perhatian dari keinginan merokok di kegiatan lainnya misalnya melakukan hobi, olahraga dan lainnya.
  • Datanglah ke tempat yang melarang kamu merokok sehingga keinginan merokok bisa lebih diredam.

 

Mencegah bertambahnya berat badan usai berhenti merokok

Penambahan berat badan usai berhenti merokok bisa diatasi dengan berbagai macam cara. Kamu tidak harus melakukan diet yang susah payah kok. Kamu bisa mulai dengan menjaga pola makan yang sehat dengan menghindari makanan junk food, camilan tak sehat dan minuman manis. Selain itu, olahraga teratur juga sangat disarankan. Olahraga pun akan bisa menjadikan pikiranmu teralihkan dari keinginan untuk merokok.

 

Yang terpenting, pastikan untuk terus berusaha menjaga pikiran yang positif. Hal ini dilakukan demi mensugesti diri agar kamu bisa lebih mudah berhenti merokok. Hilangkan pikiran bahwa stres hanya bisa hilang jika kamu berhenti merokok. Dengan demikian, pikiranmu akan terjaga dengan positif dan keinginan kembali merokok akan bisa berkurang dan akhirnya hilang. Sulit sih, tapi bukan tidak mungkin kok.

 

Baca Juga :

Emang Rokok Elektrik Itu Sehat? Jangan Dulu Menganggap Ini Penyelamat

Jika Ingin Bayi Lahir Sehat, Jangan Merokok saat Hamil

Awas !! Ternyata Rokok Elektronik Merusak Sel-sel di Mulut

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tetap Langsing Dengan Diet Selama Bulan Ramadhan Yuk!

Sebentar lagi masuk ke bulan Ramadhan yakni bulan