n-donut-mouth-628x314

Ketika kamu merasa tubuhmu merasa lemas dan perut keroncongan, tubuhmu sedang memerlukan asupan nutrisi dari makanan. Dalam beberapa keadaan, kamu mungkin akan mudah merasa lapar dalam frekuensi yang cukup sering. Namun, jika setiap merasa lapar dan kamu harus mengonsumsi makanan berat, selain akan meningkatkan berat badan, risiko diabetes juga akan meningkat.  Maka sebaiknya, kamu harus tahu apa saja penyebab perutmu sering terasa lapar dan bagaimana cara mengakalinya:

Pra Menstruasi

178508-menstruasi-nggak-teratur

Hormon yang berubah-ubah sebelum menstruasi datang, akan membuatmu mudah merasa lapar sedangkan emosimu juga sedang tidak seimbang. Kamu tidak perlu khawatir jika menghadapi hal ini. Kamu hanya perlu mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan untuk mengurangi rasa nyeri dan dapat mengatasi rasa lapar yang kamu rasakan.

Bosan

o-woman-bored-office-facebook

Jika kamu merasa jenuh, dapat dipastikan kamu akan merasa lapar lebih cepat, karena ketika kamu merasa jenuh atau bosan, otak akan mengirim sinyal ke mulut sehingga produksi air liur meningkat. Hal ini menyebabkan tubuh merasa ingin makan sesuatu. Cobalah untuk melakukan kegiatan atau sesuatu yang kamu suka. Ketika kamu melakukannya dengan senang, kamu akan lupa akan rasa laparmu.

Marah

n-ovulation-women-628x314

Marah akan membawamu pada titik akhir di mana tubuhmu merasa sangat lelah karena ketika marah, kamu mengeluarkan energi yang tidak sedikit apalagi saat kamu melupakan emosi marahmu tersebut. Oleh karena itu, marah menyebabkan kadar gula darah rendah dan pada akhirnya memicu rasa laparmu. Cobalah untuk menahan amarah dan emosi burukmu agar kamu tidak mudah lapar dan tidak mudah makan.

Stres

5d7de5e30378f374_stress.xxxlarge_2x

Ketika kamu merasa stres, kamu jadi tidak memperhatikan apa yang akan kamu makan. Hal ini menyebabkan makanan yang menjadi pelampiasan stresmu bukan termasuk makanan yang dapat mengenyangkan, akibatnya kamu mudah kembali merasa lapar dan akan makan lebih banyak lagi.

Menonton TV

wrong-diet

Ternyata, menonton TV akan memicu rasa lapar muncul walau perutmu sudah kenyang. Hal ini karena kegiatan pasif seperti menonton TV akan mengeluarkan rangsangan yang mengirim sinyal rasa lapar ke otak sehingga membuat kita merasa lapar dan kembali makan. Untuk menghindarinya, cobalah untuk melakukan kegiatan aktif sehingga kamu tidak mudah merasa lapar, seperti membaca buku dan bermain game.

Baca juga Udah Ngurangin Makan Bukannya Tambah Kurus, Eh Yang Ada Badan Malah Tambah Gemuk. Hati-hati! Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini Beberapa Taktik Diet yang Bikin Jadwal BAB-mu jadi Berantakan

Merasa aneh karena akhir-akhir ini BAB-mu tidak seperti