Setiap manusia di planet ini unik, dan akan susah dikelompok-kelompokkan berdasarkan keprbadian mirip mereka. Tapi terkadang, kita bisa mengamati ada manusia-manusia yang menunjukkan perilaku yang serupa. Kamu mungkin adalah tipe orang yang sangat hobi menyapa orang, suka mengakrabkan diri dengan orang baru, dan hobi membuat kenalan. Jika ada yang menuduhmu sebagai seseorang yang suka cari perhatian, mungkin mereka salah, kamu hanyalah seorang ekstrovert.

Berbeda dengan introvert yang menyukai isolasi dan kesendirian, manusia-manusia seperti ini suka berpartisipasi dalam acara-acara pergaulan. Apa saja sih ciri-ciri orang-orang ekstrovert?

Suka Bicara

Kamu mungkin kenal beberapa orang yang pandai membuat suasana cair dan suka dikelilingi banyak orang. Orang-orang ini akan mudah mengajak orang lain bicara, baik di sekolah, di tempat kerja, di bus, di supermarket, dan di tempat umum dengan orang-orang asing. Merek bisa bicara dengan siapapun dan dengan topik apa pun.

Berenergi Bersama Orang Lain

Tak seperti introvert, sang ekstrovert tidak suka sendirian. Berada bersama orang membuat mereka semakin bernergi. Jika mereka punya pilihan, mereka akan memilih selalu bersama teman-temannya, bahkan ketika mereka merasa lelah pun. Jangan heran kalau mereka ini kelihatannya hobi main terus, karena beginilah cara mereka mengisi kembali baterai dan mendapatkan inspirasi.

Suka Membicarakan Perasaannya

Kalau introvert lebih memilih menyimpan dalam-dalam perasaannya, ekstrovert sebaliknya. Mereka merasa lebih baik jika mereka mendiskusikan masalah dan perasaan mereka dengan orang lain. Mereka akan sering mencari tempat urhat untuk masalah kerjaan, rumah, pribadi, atau hubungan. Beginilah cara mereka menenangkan diri dan berpikir lebih jernih.

Memiliki Banyak Ketertarikan

Mereka mencintai lingkungan sekitar yang dinamis. Karena itulah, orang-orang ini akan selalu mencari pengalaman baru, sehingga memiliki begitu banyak ketertarikan. Dan karena mereka berintereaksi dengan banyak orang, mereka mendapat banyak informasi tentang hal-hal baru sehingga tertarik untuk mencoba hal-hal baru pula.

Sangat Terbuka

Orang-orang ini biasa disebut ramah dan mudah didekati karena mereka tidak malu-malu berbagi tentang perasaan serta pendapat mereka mengenai berbagai subjek. Bahkan, seringkali mereka tak terlalu memikirkan mau ngomong apa, apalagi menghabiskan waktu mengorganisir pikiran mereka sebelum bicara. Mereka ini suka ceplas-ceplos.

Suka Jadi Pusat Perhatian

Para ekstrovert tidak punya masalah berbicara di depan umum, malahan, mereka menyukainya! Ketika seluruh mata memandang mereka, mereka justru senang. Mereka inilah yang paling sering menceritakan lelucon terkonyol, atau hal-hal unik dan luar biasa sehingga teman-temannya selalu mendengarkannya.

Bisa Sedih dan Tidak Percaya Diri

Beberapa miskonsepsi yang kita miliki terhadap ekstrovert adalah bahwa karena mereka terbuka, maka mereka selalu percaya diri dan bahagia. Padahal, sama seperti siapapun, mereka bisa meragukan kemampuannya. Mereka juga bisa memiliki mood yang buruk dan merasa depresi, baik karena hormon, masalah, atau kurangnya interaksi.

Baca juga Masih Gak Mau Bersyukur Memiliki Kepribadian Intorvert? Inilah Keuntungan yang Kamu Dapatkan Jika Berkepribadian Introvert!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Hal Penting Dalam Proses Penimbangan Berat Badan

Mengenal Hal Penting Dalam Proses Penimbangan Berat Badan