Penggunaan make up untuk wanita sudah menjadi suatu kebiasaan yang tak bisa ditinggalkan. Meski demikian untuk para pemula di dunia make up, bahkan yang sudah lama berkutat dengan make up, kerapkali mengalami kondisi make up yang cakey. Make up cakey adalah make up yang mulai terlihat pecah-pecah layaknya tepung yang kena air. Tentu kondisi ini sangat mengganggu penampilanmu bukan?

Alasan terjadinya make up cakey adalah formula yang ada di make up tidak cocok kondisi cuaca, kesalahan pengaplikasian, hingga karena kondisi kulit wajah yang terlalu berminyak atau bahkan terlau kering. Jika kamu ingin hindari make up cakey, maka berikut ini beberapa tips dalam ber-make up yang harus kamu tahu.

1. Tahu jenis kulit dan memilih foundation tepat

Pertama adalah kamu wajib tahu jenis kulit kamu terlebih dulu. Dengan mengenali jenis kulitmu secara tepat, maka ini akan bisa jadi modal kamu untuk tahu jenis foundation yang tepat untuk kulitmu. Apabila kulitmu berminyak, maka pilih foundation oil free. Jika wajah kering, maka pilih foundation yang finishing matte.

2. Aplikasikan primer

Sebelum aplikasikan foundation, pastikan awali dengan penggunaan primer terlebih dulu. Primer ini bisa bermanfaat untuk melembabkan dan juga mengontrol minyak di wajah sehingga kulit pun tidak akan terlihat berminyak. Dengan penggunaan primer, kamu juga akan mendapatkan manfaat agar make up bisa menempel dengan lebih baik.

3. Jangan buru-buru

Banyak sekali wanita yang butuh waktu cukup lama untuk bisa berdandan. Sebetulnya wajar saja mengingat jika ingin hasil make up sempurna maka banyak juga peralatan make up yang dibutuhkan. Hal ini demi make up yang bisa menempel di kulit dengan baik. Jika kamu terlalu buru-buru dalam penggunaan make up, maka jangan heran jika make up pun akan terlihat cakey. Usai menggunakan primer, usahakan untuk ditunggu 5 hingga 10 menit dulu, baru pakai foundation. jika foundation sudah diaplikasikan, maka tunggu sampai benar-benar kering baru lanjut ke step selanjutnya.

4. Hindari foundation dan concealer terlalu tebal

Menutup berbagai kekurangan yang ada di kulit dengan foundation dan concealer tentu sah-sah saja. Meski demikian, tidak akan bagus hasilnya jika kamu menggunakan keduanya terlalu tebal. Pengaplikasian foundation dan concealer terlalu tebal justru akan bisa akibatkan make up menjadi cakey. Jadi, pakai secukupnya dan ratakan sampai benar-benar rata di wajah.

5. Pakai aplikator yang tepat

Pemilihan aplikator dalam make up juga ada seninya tersendiri. Sebetulnya kamu tidak bisa menggunakan sembarang aplikator mengingat semua jenis make up memiliki aplikatornya yang tepat. Jika foundationnya adalah liquid, maka penggunaan spons atau kuas akan tepat. Jika foundation krim atau bubuk, maka kuas bulat dan padat serta beauty blender bisa dipakai. Dengan pemilihan aplikator tepat, maka foundation akan bisa merata dengan maksimal.

6. Setting powder dan spray

Tahap akhir adalah dengan setting powder dan juga setting spray. Pakai bedak sehingga make up bisa tahan lama serta bisa serap minyak berlebih di wajah. Akhiri dengan menyemprotkan setting spray sehingga akan bisa satukan seluruh komposisi make up yang kamu pakai.

Baca Juga Make Up Di Bagian Mata Kamu Sering Crack? No Worries Ladies.. Ini Dia Cara Untuk Mengatasinya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Meskipun Harga Murah Meriah Tetapi Tau Ngak Sih Kosmetik KW Itu Jorok dan Ilegal? Yakin Masih Mau Beli?

Bagi wanita, kosmetik mungkin menjadi salah satu alat