Dalam sebuah hubungan, pastilah selalu ada permasalahan dan juga pertengkaran yang terjadi. Pada dasarnya hal ini wajar mengingat kamu dan si dia memiliki karakter dan juga pemikiran yang berbeda. Terkadang adanya masalah ini menjadikan hubungan pun seolah terasa nyaris kandas. Untuk masalah mempertahankan atau melepaskan, tentunya ini bergantung dari pilihan kamu dan dia.

Pada dasarnya sebuah hubungan yang kerap didera dengan pertengkaran mungkin terlihat sangat rapuh dan hampir pasti berakhir putus. Tapi tidak selalu demikian juga lho karena pertengkaran kadang juga bisa menjadikan hubungan lebih lekat dan dekat. Tapi jika pertengkaran kali ini terasa sangat krusial dan kamu merasa hubungan sudah dekat dengan perpisahan, maka cobalah lakukan beberapa hal ini.

1. Menepilah sejenak

Ada kalanya mengalah sebentar dari pertengkaran akan bisa membuat hatimu lebih tenang dan netral. Jika demikian, maka hal ini akan bisa menjadikanmu berpikiran lebih jernih dengan emosi yang mereda. Kamu harus tahu jika dalam pertengkaran kadang hanya butuh saling diam sejenak saja. Meski demikian, kamu juga harus berpikir lebih mendalam. Jika kamu sudah merasa berkorban banyak tapi tidak dihargai, sudah setia tanpa pernah diperhatikan atau justru lebih banyak salah di kamu, maka nantinya kamu akan bisa mempertimbangkan secara lebih bijak. Jangan lupa juga bayangkan hidupmu jika tanpa dia di hari-harimu.

2. Ingat masalah sebelumnya

Mengingat masalah sebelumnya bukan berarti kamu ingin mengungkit kesalahannya. Hal ini adalah sebagai cara untuk bisa introspeksi diri. Jika dengan adanya masalah sebelumnya bisa membuat kalian saling berusaha memperbaiki diri, maka kemungkinan di masalah ini pun demikian. Jangan hanya berusaha untuk mencari kesalahan pasangan dan mengoreksinya, tapi cobalah untuk introspeksi diri kamu juga. Selain itu jika kamu berpikir dia tidak berubah, maka kamu juga bisa jadikan pertimbangan. Apa kamu mau hubunganmu terus diisi pertengkaran yang sama?

3. Sampaikan pendapat

Api tidak akan bisa dibalas dengan api. Untuk itu redamlah emosimu sebentar untuk menyampaikan pendapatmu. Wanita cenderung lebih ekspresif ketika marah, tapi tahanlah dirimu. Mulailah berbicara dan jangan terlalu lama diam. Kamu bisa berinisiatif untuk berbicara padanya duluan. Hal ini pun membuktikan jika sebetulnya kamu masih peduli pada dirinya.

4. Jangan cari pelampiasan

Butuh waktu sebentar tanpa dirinya kadang dibutuhkan sehingga kamu akan bisa berpikir lebih mendalam terkait keberlangsungan hubungan kamu. Namun jangan sampai kamu melibatkan orang lain dalam masalahmu. Hal ini justru akan jadikan keadaan kian keruh. Mungkin kamu butuh tempat untuk bersandar, tapi usahakan jika temanmu bisa dipercaya dalam hal ini. Jangan sampai kamu justru mencari pelampiasan dengan jalan bersama orang lain saat kondisi memanas ini.

5. Jangan mengumbar

Mengumbar berbagai hal di media sosial memang menyenangkan. Tapi batasi menggunakan gawaimu karena kamu akan tergoda untuk mengumbar masalahmu juga di sana. Bukannya masalah selesai, kamu justru akan jadi bahan perbincangan di kalangan temanmu lho. Untuk itu lebih baik simpan sendiri permasalahan kamu dan coba cari solusi, bukan memamerkannya.

Baca Juga 3 Masalah Dasar Dalam Suatu Hubungan. Kalau Belum Berhasil Melewati, Artinya Hubungan Kalian Tidak Kuat

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mau Tahu Seperti Apa Pasangan Kamu Kedepannya Setelah Berumah Tangga? Apakah Bisa Menjadi Seorang Kepala Keluarga Yang Baik?

Sebuah hubungan tentu tak akan pernah selalu lurus