Pori-pori merupakan sebuah rongga kecil yang menjadi akses pernapasan kulit. Dengan adanya pori-pori, kulit dapat melakukan proses metabolisme dan regenerasi dengan mudah. Tetapi sering sekali muncul masalah pori-pori yang membesar, apalagi di area wajah. Sebenarnya masalah ini bukanlah masalah yang serius. Tetapi kadang hal ini membuat penampilan kita menjadi terganggu dan tidak percaya diri. Dan dengan adanya pori-pori yang besar di wajah akan menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo.

Pori-pori yang membesar bisa disebakan karena berbahgai hal, antara lain, genetika (keturunan), kotoran, produksi minyak berlebihan, sinar matahari siang, pertumbuhan bakteri kulit, dan juga produk kecantikan. Walaupun pori-pori tidak membahayakan kesehatan, tetapi masalah ini pasti akan membuat kamu jengkel, kesel, galau, dan berkurangnya rasa percaya diri. Nah untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa memiliki wajah yang mulus tanpa pori-pori yang besar dengan cara alami. Mau tahu cara alaminya? Yuk kita lihat sekarang.

  1. Madu

Cara alami pertama yang bisa kita gunakan adalah dengan menggunakan madu. Madu memang sudah dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita. Madu juga mempunyai beragam nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Termasuk salah satunya adalah untuk mengembalikan ukuran pori-pori wajah ke bentuk semula. Caranya pun mudah, setelah kamu membersihkan muka, oleskan masker madu ke seluruh wajah sampai merata. Pijat secara lembut selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  1. Air Perasan Lemon

Dalam perasan air lemon mengandung enzim alami yang dapat membuat kulit menjadi kencang. Sehingga pori-pori kulit dapat diringkas karena kandungan asam lemon. Sehingga jika kamu mempunyai pori-pori yang besar, kamu bisa menggunakan cara ini. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencampurkan 2 sdm air perasan lemon dengan 2 sdm air mawar, setelah tercampur kamu bisa mengaplikasikannya ke wajah dengan menggunakan kapas. Lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

  1. Putih Telur

Cara alami selanjutnya untuk membuat wajah mulus tanpa pori-pori yang besar adalah dengan menggunakan putih telur. Dalam putih telur mengandung senyawa asam amino dan enzim  yang dapat meremajakan kulit dan mengecilkan pori-pori. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memisah putih telur dari kuningnya, lalu oleskan pada seluruh wajah. Diamkan sampai mengering, setelah itu bilas dengan air bersih.

  1. Mentimun

Dalam mentimun mengandung air yang tinggi, sehingga mempunyai sifat dingin dan dapat mengecilkan pori-pori wajah. Selain itu masker mentimun juga dapat mengatasi komedo dan minyak berlebih. Caranya oleskan maskler mentimun pada wajah, lalu pijat dengan lembut selama beberapa menit, diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

  1. Es Batu

Cara yang satu ini sangat praktis untuk dipakai, yaitu dengan menggunakan es batu. Caranya kamu hanya perlu membungkus es batu dengan kain bersih, lalu pijatkan secara perlahan ke permukaan kulit wajah. Hal ini akan membantu meringkas pori wajah dan mengencangkannya.

Baca juga 5 Masalah Pada Kulit Ini Rupanya Jadi Tanda-tanda Masalah Kesehatan Serius – Sudah Tahu?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Natural Remedies yang Bisa Membuat Kulit Wajah Kamu Terlihat Lebih Baik Pada Pagi Hari

Terlepas dari jenis atau warna kulitnya, terbangun dengan