tidur

Jika ingat masa kecil mungkin kita sering senyum-senyum sendiri yaa, salah satu kegiatan rutin yang selalu dilakukan adalah tidur siang, tapi tidur siang tak hanya dilakukan oleh anak kecil saja. Tidur siang merupakan salah satu aktifitas yang di sarankan. Beberapa waktu lalu, penelitian menyebutkan jika tidur siang bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi makin sehat dan pikiran makin nyaman. Tidur siang, juga dikatakan bisa membuat kualitas kerja menjadi semakin menarik dan mengesankan.

Tapi benarkah tidur siang bisa membuat tubuh sehat ? pernyataan ini tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya benar ladies, tidur siang memang suatu hal yang sangat menyehatkan namun kamu harus tau aturannya. Tidur siang baik di lakukan oleh seseorang yang memang memiliki tidur malam kurang. Bagi mereka yang waktu malam memiliki waktu tidur kurang, mereka bisa menggantinya saat siang selama setengah sampai satu jam. Tidur lebih dari itu justru akan membuat kepala merasa pusing, perut mual dan tidak jarang membuat badan justru terasa semakin lelah.

Parahnya lagi, bagi mereka yang memiliki waktu tidur yang cukup tapi tetap memaksakan untuk tidur siang, maka akan membuatnya memiliki waktu tidur yang berlebih. Dengan waktu tidur yang berlebih, ini bisa saja membuat tubuh seseorang terasa semakin lelah, mudah mengantuk dan kurang semangat. Tidak jarang, tidur siang juga akan membuat seseorang lebih mudah mengalami pikun atau perasaan bingung. Terlebih lagi, jika tidur siang ini dilakukan pada waktu-waktu yang tidak seharusnya misalnya saja di bawah jam 10 pagi dan di atas jam 3 sore.

Hal ini di ungkapkan oleh Stephanie Centofani dari Research Associate di University of South Centre Australia yang mengatakan bahwa tidak sedikit orang yang akan merasa kurang nyaman dan khawatir setelah ia tidur siang. Tidak sedikit pula orang-orang yang justru merasa pusing dan lelah setelah mereka tidur siang. Biasanya, hal ini terjadi pada mereka yang memiliki tidur malam cukup sementara saat siang ia juga tidur. Waktu tidur yang berlebihan lah yang nantinya membuat suasana hati seseorang menjadi kurang nyaman dan tubuhnya terasa lebih lemas.

Sementara saat sore hari, tidur siang tak boleh lebih dari 15 menit. Seseorang yang kurang tidur saat malam mungkin akan mendapatkan manfaat baik dari tidur siang selama 20 sampai 30 menit. Tapi, bagi orang yang sudah memiliki tidur malam baik, kemungkinan besar ia tak akan merasa lebih baik setelah mendapatkan tidur siang.

Disinilan pentingnya memiliki kualitas dan waktu tidur yang cukup, tidak lebih atau tidak kurang karena tidur berlebihan dan kurang sama-sama akan berdampak buruk pada pembentukan lingkar mata yang cenderung lebih hitam dan buruk dibandingkan dengan mereka yang memiliki porsi tidur yang cukup serta berkualitas setiap harinya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini Beberapa Taktik Diet yang Bikin Jadwal BAB-mu jadi Berantakan

Merasa aneh karena akhir-akhir ini BAB-mu tidak seperti