1023090shutterstock-170024789780x390

Noda hitam yang muncul di wajah menjadi salah satu masalah yang sangat besar bagi sebagian wanita karena sulit untuk di hilangkan, tak hanya membuat kesal bintik hitam juga membuat wanita tidak percaya diri dan harus pintar-pintar menutupinya dengan makeup.

Noda hitam atau disebut juga dengan pigmentasi bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti genetik, hormon, matahari, dan polusi. Banyak ahli yang mengatakan bahwa penyebab utama dari munculnya bintik hitam di kulit adalah matahari dan polusi, namun sayangnya kedua hal ini tidak bisa kita hilangkan dan di hindari dari kehidupan.

Menurut salah satu penelitian, polusi membuat suatu masalah karena partikel polutan yang proses perusakannya inside to outside. Yang dimaksud dengan inside adalah perusakan pada paru-paru karena udara yang dihirup, sementara outside ini seperti halnya asap rokok yang dapat merusak kulit.

Kemudian penyebab selanjutnya adalah matahari, sinar matahari akan meningkatkan aktivitas tyrosinase sehingga transfer pigmen melanin meningkat. Selain itu, polusi akan menyebabkan damage messengers yang nantinya akan mencetuskan radang kemudian reaksi radang inilah yang membuat aktivitas tyrosinase dan melanosit meningkat sehingga timbul warna hitam pada kulit.

Oleh karena itu seseorang yang hidup di daerah yang mengandung banyak polusi akan lebih cepat dan lebih mudah untuk mengalami masalah kulit seperti noda hitam dan kusam.

Untuk menghindari hal ini terjadi dan mengurangi paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan terjadinya pigmentasi para ahli menyarankan untuk selalu menggunakan tabir surya setiap beraktifitas di luar ruangan.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini Dia Vitamin & Mineral yang Dibutuhkan untuk Mendapatkan Rambut Tebal

Rambut yang indah merupakan tanda tubuh yang sehat. Bagaimana