Buah pisang adalah buah yang mudah didapat dengan harga murah-meriah. Buah ini juga salah satu buah kesukaan banyak orang di seluruh dunia. Dalam setahun, ternyata sekitar 1.5 milyar kilogram pisang dikonsumsi di seluruh tahunnya. Selain rasanya enak, pisang juga mengandung vitamin A, C, E, dan B6, serta mineral yang dibutuhkan tubuh seperti potasium, mangan, tembaga, dan juga biotin. Mengkonsumsi pisang dengan teratur bisa membantu mengurangi anemia, menurukan tekanan darah, dan mengurangi rasa sakit karena maag.

Namun, selain bagus untuk kesehatan, pisang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Kulit pisang ternyata ampuh mengurangi rasa gatal karena gigitan serangga, dan juga mendinginkan kulit yang terbakar sinar matahari. Buah pisang sendiri mengandung vitamin A, B, E dan potasium yang baik untuk pertumbuhan rambut dan regenerasi kulit. Nah, mau tau cara ampuh memanfaatkannya untuk kecantikan? Berikut 3 resep masker sederhana dengan bahan dasar pisang.

1. Buah Pisang untuk Pendingin Wajah

Buah Pisang sangat baik buat kamu yang jenis kulitnya kering, karena pisang bisa melembabkan sekaligus meratakan pigmen warna kulit. Kandungan vitamin A juga efektif untuk mencerahkan wajah. Caranya pun sangat mudah, cukup dinginkan pisang dalam lemari es, lalu tumbuk dagingnya setelah dingin. Oleskan tumbukan pisang ke wajah dan leher selama 15-20 menit, lalu bisa sampai bersih. Rasakan kulit wajahmu yang lembab alami, dan berseri-seri dengan pemakaian teratur.

2. Perawatan Jerawat dengan Pisang dan Kunyit

Untuk perawatan jerawat, pilih pisang yang benar-benar matang dan ambil setengah bagian. Campurkan dengan ½ sendok teh kunyit bubuk, lalu aduk sampai rata. Oleskan di daerah-daerah yang berjerawat dan juga bekas-bekasnya. Setelah itu bersihkan wajah dengan air hangat, diakhiri bilasan air dingin. Nutrisi dari pisang dan kunyit akan membantu memudarkan noda bekas jerawat sekaligus memerangi jerawat yang mengganggu. Gunakan 2-3 kali seminggu untuk hasil maksimal.

3. Smoothies Pisang untuk Rambut Sehat

Resep smoothies ini baik untuk rambut bercabang dan menguatkan akar rambut. Blender 1 buah pisang matang bersama 1 sendok teh minyak kelapa, 1 sendok makan madu asli, dan 1 sendok makan minyak zaitun sampai benar-benar halus lalu oleskan ke kulit kepala dan batang-batang rambut. Balut rambut dengan handuk hangat agar smoothies meresap dengan baik dan biarkan selama 5-10 menit. Di menit terakhir, pijat dengan lembut mulai dari kulit kepala hingga ke ujung rambut dan bilas dengan air hangat. Akhiri dengan keramas menggunakan air dingin seperti biasa. Penggunaan teratur akan membuat rambut sehat berkilau hingga ujungnya dan tidak mudah rontok.

Mudah sekali kan cara membuatnya? Menggunakan bahan-bahan organik akan lebih sehat bagi tubuh dengan efek yang tidak kalah dari produk kecantikan dari pabrik. Selamat mencoba!

Baca juga Selain Rasanya yang Manis, Ternyata Ada Alasan Lain Kenapa Kamu Harus Makan Buah Srikaya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jambu Biji Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Tubuh Kamu Lho

Jambu biji adalah buah manis dan lezat yang