Seorang wanita bisa sangat sensitif terhadap jerawat. Tak jarang jerawat banyak bermunculan saat pra menstruasi. Hal ini sangat menyebalkan dan merepotkan, bukan? Tapi tahukah kamu, penyebab jerawat sebenarnya tidak hanya karena pra menstruasi saja, loh. Berikut ini adalah berbagai penyebab jerawat yang mungkin tak kamu sangka sebelumnya :

  • Sarung Bantal yang Kotor

Kotoran, minyak, make up, dan polusi udara menumpuk di kulit kamu selama aktivitas harian. Jika kamu tidak mencuci muka sebelum tidur, semua kotoran itu kemudian pindah ke sarung bantal kamu. Dan tanpa kamu sadar, nantinya kotoran itu akan dipindahkan kembali ke wajah kamu. Wajah yang bergesekan dengan sarung bantal dapat menyebabkan peradangan dan jerawat. Tapi bukan itu saja! Lingkungan berminyak dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang dapat menginfeksi kulit jika ada area terbuka atau luka.  Cuci sarung bantal kamu setiap beberapa malam sekali. Oh, dan jika kamu belum melakukannya, gantilah ke sarung bantal sutra untuk mengurangi gesekan.

  • Kamu Tidak Cukup Tidur

Tubuh kita menjalani ritme sirkadian setiap hari, di mana aktivitas tertentu terjadi di pagi hari dan yang lain terjadi saat kita tidur sebentar. Tidur adalah waktu istirahat dan perbaikan. Saat tidur, kadar kortisol menurun. Tidak cukup tidur berarti bahwa tubuh kita terpapar dengan kadar kortisol yang terus menerus tinggi yang dapat memicu timbulnya jerawat.

  • Menggunakan Lulur Wajah Abrasif

Tidak membersihkan kulit secara menyeluruh dari sel kulit mati secara teratur adalah salah satu penyebab jerawat, tetapi jika kamu memiliki pola pikir bahwa semakin kamu menggosok kulit kamu, maka kulit akan semakin bersih, ini adalah salah.  Jerawat kamu hanya akan menjadi lebih buruk jika kamu melakukan hal ini. Pengelupasan sel kulit mati adalah untuk memperbaiki penghalang pelindung kulit kamu supaya bakteri dan kotoran keluar, bukan malah menyebabkan trauma lebih lanjut hingga luka dan iritasi karena terlalu bersemangat.

  • Kamu Menyumbat Pori-Pori Kulit dengan Produk Rambut

Zat pelembab yang menyumbat pori yang sama dan sulfat yang menyelinap masuk ke produk perawatan kulit kamu juga dapat ditemukan dalam sampo, kondisioner, dan formula tata rambut lain. Bahan-bahan tersebut dapat meresap ke dalam pori-pori di tubuh kamu dan menyumbatnya, hingga menghasilkan jerawat dada, jerawat punggung, dan bahkan jerawat di sepanjang garis rambut atau jerawat kulit kepala kamu.

  • Kamu Berkeringat Saat Olahraga

Melewatkan mandi tepat setelah berolahraga atau tidak mencuci wajah kamu setelah olahraga akan memungkinkan campuran make up, kotoran, bakteri, minyak, dan keringat untuk menemukan rumah kecil di kulit kamu dan menyebabkan kulit berjerawat dan pori-pori tersumbat. Sebelum mulai berkeringat, selalu cuci muka untuk menghilangkan riasan. Setelah selesai berolahraga, kamu harus mandi. Jika kamu tidak punya waktu, gunakan pembersih wajah, seperti Micellar Cleansing Wipes, untuk membersihkan minyak dan bakteri yang menyumbat pori.

  • Merokok

Merokok akan merusak tubuh kamu dengan lebih dari satu cara, girls. Setiap kali kamu menyalakan sebatang rokok, kamu mengurangi jumlah oksigen yang masuk ke kulit wajah kamu. Merokok tidak hanya membuat kamu terkena kanker, tetapi juga menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin yang menyebabkan keriput dan peningkatan ukuran pori. Karsinogen dalam asap juga mengiritasi kulit kamu dan dapat mengeringkannya serta memicunya untuk menghasilkan lebih banyak minyak dan lebih banyak jerawat.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/cara-mengobati-jerawat-kistik-menurut-dermatologis/

http://www.tampilcantik.com/hilangkan-bekas-jerawat-dengan-5-bahan-yang-mudah-kamu-temui/

http://www.tampilcantik.com/panduan-menggunakan-make-up-bagi-kulit-berminyak-dan-berjerawat/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Alasan Mengapa Rambut Kamu Cepat Berminyak

Kulit kepala kita harus menghasilkan minyak dalam jumlah