Satu aturan diet yang paling benar sepanjang jaman: tidak ada yang namanya satu diet yang cocok untuk semua orang. Saat diet, jadilah dirimu sendiri. Kita selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain, menganggap bahwa apa yang berhasil bagi orang lain juga seharusnya berhasil bagi diri kita sendiri. Padahal, dalam berbagai hal, termasuk diet, hal ini sangat salah. Hanya karena sebuah jenis diet bisa sukses dilakukan saudaramu, rekan kerjamu, atau teman dekatmu, bukan berarti ini benar buat kamu. Ada berbagai jenis diet yang bisa kamu adopsi sesuai dengan kepribadianmu. Karena itu, langkah pertama adalah mengenali seperti apa dirimu dengan jujur, dan memilih dari, misalnya, berbagai  jenis diet berikut yang cocok dengan kepribadianmu.

Kamu  suka terlalu memikirkan segala hal

Jenis diet yang ini adalah bagi orang yang terlalu suka menganalisa dan pada akhirnya memiliki ekspektasi-ekspektasi yang tidak realistis. Ini sebenarnya menggambarkan banyak sekali pediet wanita. Untuk jenis kepribadian ini, sebaiknya kamu memilih rancangan diet yang sudah banyak terbukti. Misalnya, Weight Watchers, yang disebut-sebut sebagai diet nomor satu yang paling manjur dalam menurunkan berat badan. Kamu suka sekali menghitung jumlah kalori masuk dan keluar, zat gizi, mengamati perubahan lingkar perut dan lain-lain, sehingga tak akan behasil kalau memilih diet tanpa skala.

Kamu selalu mematuhi aturan

Apakah kamu tipe yang selalu ingin taat pada aturan? Apakah kamu ingin dengan pasti tahu apa yang harus kamu makan dan dimana? Maka tipe diet yang cocok untuk orang dengan pola pikir yang mengikuti struktur adalah diet dimana kamu punya panduan sehari-hari apa yang harus kamu makan. Dengan ini, kamu akan jadi lebih tenang karena kamu punya panduan dan kamu pun akan mematuhinya karena kamu suka aturan. Contoh dari tipe diet semacam ini adalah diet Jenny Craig atau Flat Belly Diet yang sama-sama menawarkan pola makan berstruktur.

Kamu punya kehidupan sosial yang aktif

Diet yang sudah ditentukan sebelumnya sangat tidak cocok bagi kamu yang punya kehidupan sosial yang aktif dan ekstrovert. Jika buatmu makan bersaa keluarga dan teman sangat penting sifatnya, maka lebih baik kamu memilih jenis diet dimana kamu tahu tips-tips untuk membuat pilihan yang lebih sehat, terutama ketika kamu sedang makan di luar. Ya, kamu masih bisa makan di luar, dan bukannya hanya memesan air putih saja! Yang terpenting, bijaksanalah dalam memilih makanan dan tempat makan dan beranilah mengatakan “tidak” untuk beberapa hal. Kamu mungkin juga sebaiknya mengurangi waktu makan di luar (misalnya jika biasanya empat kali seminggu, kini turun jdi dua kali seminggu saja, sisanya kamu bisa sekedar memesan teh tawar dan salad atau sayur). Dan ketika kamu di rumah, kurang-kurangilah makanan berkalori, berkarbo dan berlemak tingginya.

Nah, tipe yang mana kamu?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Diet Mudah Untuk Pekerja Kantoran

Tips Diet Mudah untuk Pekerja Kantoran yang Bisa