Usai melahirkan, para Ibu tentu akan mengalami penambahan dari segi berat badannya. Penambahan berat badannya pun cukup drastis dibandingkan dengan kondisi saat normal. Hal ini memang terjadi lantaran nafsu makan yang cenderung meningkat yang menjadikan para Ibu akan sering sekali merasakan lapar. Tentunya menjaga pola makan yang sehat, tetap menyusui dan juga olahraga teratur akan bisa menjadikan tubuh ideal Ibu segera kembali.

Jika Ibu memang sudah berniat untuk melakukan diet, jangan sampai bayimu mengalami kelaparan dan kurang nutrisi karena kamu memaksakan diri untuk diet segera. Para Ibu harus tetap mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, lemak dan lainnya. Untuk bisa dapatkan hasil memuaskan, maka berikut ini beberapa rekomendasi makanan diet untuk Ibu pasca melahirkan:

1. Menu sarapan

Awali pagimu dengan menyantap sarapan. Kamu bisa siapkan sereal dengan tambahan berupa susu semi skim dan tutup dengan buah segar. Tambahan berupa irisan pisang di dalam sereal akan bisa jadi makanan yang sangat baik. Jika memang sarapan sereal masih tidak terbiasa untukmu, maka kamu juga bisa menyantap buah dan ditambahkan dengan segelas yogurt. Roti gandum juga bisa jadi pilihan lainnya sehingga Ibu tidak bosan. Olesi dengan selai atau butter rendah lemak lalu bakar sebentar.

2. Menu brunch

Mungkin Ibu akan merasakan lapar di waktu sebelum makan siang tiba. Jika demikian, maka kamu dapat mencoba untuk menyantap menu diet yang mengenyangkan. Semangkuk buah, semangkuk pisang, atau semangkuk sereal juga bisa disantap. Pilih salah satu, jangan semuanya. Kacang dan kismis pun boleh jadi pilihan santapan Ibu di waktu jeda makan ini.

3. Menu makan siang

Berlanjut pada menu makan siang dimana semangkuk sup dan selembar roti gandum bisa jadi pilihan yang pertama. Jika Ibu ingin menu lain, maka bisa juga mencoba dengan memasak pasta ditambah ayam, ikan dan juga sayur serta saus tomat. Hindari krim, susu atau mentega di saus dan proses memasaknya. Pilihan lainnya yakni dengan roti lapis gandum dengan margarin rendah lemak. Isi dengan sayur berupa selada dan keju rendah lemak juga bisa. Jika ingin yang mudah, maka salad sayur dan saus juga dapat menjadi pilihan terbaik.

4. Menu camilan sore

Waktu lapar kadang tiba juga saat sore hari tiba. Ada beberapa pilihan makanan yang juga bisa mengisi waktu lapar ini. Lebih baik pilih buah segar, biskuit rendah lemak, sereal atau kue yang dibuat sendiri. Dengan demikian maka kalori yang masuk tidak akan terlalu banyak meski tetap makan camilan.

5. Menu makan malam

Makan malam tetap harus dimanfaatkan. Ibu boleh tetap makan malam tapi dengan syarat makanannya harus dipilih yang tidak menggemukkan namun penuh nutrisi. Beberapa pilihan menu makan malam misalnya kentang panggang atau pasta dengan olahan sayur dan ikan. Nasi dengan ayam atau ikan pun diperbolehkan. Jangan lupa selalu tambahkan buah dan sayur di tiap waktu makan sehingga seratnya juga banyak masuk agar pencernaan lancar.

Baca Juga Beginilah Tips Efektif untuk Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jaga Tubuh Kita Sebagai Investasi Jangka Panjang, Ini Beberapa Tipsnya

Ingin Tubuh Senantiasa Fit? Inilah Tips Menjaga Kesehatan