2e8f874b-cc06-4c41-a0af-1403a32028aa_43

Semua orang pasti pernah mengalami masalah ini, yap masalah kulit di bagian ketiak, kulit ketiak yang menghitam menjadi masalah besar bagi seseorang yang suka menggunakan pakaian pendek seperti pakaian tanpa lengan atau gaun. Kulit ketiak yang menjadi hitam menjadi musuh karena dapat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.

Banyak wanita yang melakukan berbagai perawatan untuk mengembalikan warna kulit ketiak agar percaya diri saat menggunakan pakaian kesukaannya. Sebenarnya kamu bisa mengatasi masalah ketiak hitam dengan menghindari penyebabnya. Lalu apa saja penyebab dari ketiak hitam ? Nah berikut ini 7 penyebab utama dari ketiak hitam seperti yang dilansir dari vemale.

 

  • Kebiasaan Mencukur

    Sering mencukur rambut ketiak? Hm, kebiasaan ini ternyata bisa jadi penyebab ketiak jadi hitam. Alasannya karena mencukur bisa membuat kulit iritasi dan membuat warna kulit berubah.

  • Acanthosis Nigricans

    Apa itu Acanthosis Nigricans? Ini merupakan suatu kondisi di mana kulit menjadi gelap, tebal, dan seperti beludru pada bagian tubuh yang berkerut dan melipat seperti area selangkangan, leher, dan ketiak. Penyebabnya bisa karena kelebihan berat badan atau tingginya kadar insulin dalam darah seperti pada pengidap diabetes tipe 2.

  • Hormon yang Tidak Seimbang

    Seseorang dengan hormon yang tak seimbang atau punya gangguan hormon seperti hypothyroidism dan Addison’s disease lebih rentan mengalami masalah ketiak hitam.

  • Jarang Melakukan Eksfoliasi

    Banyaknya keringat di ketiak bisa menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati dan kotoran. Kalau tidak dieksfoliasi atau diangkat sel-sel kulit mati serta kotorannya secara rutin, maka akan berdampak pada perubahan warna ketiak jadi menghitam.

  • Penggunaan Deodoran

    Penggunaan deodoran atau bedak anti keringat yang berlebihan bisa memberi dampak negatif pada ketiak. Penumpukan bahan kimia ini bisa membuat ketiak jadi menghitam.

  • Infeksi karena Bakteri

    Eritrasma merupakan infeksi pada lapisan kulit paling atas yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium minutissimum. Kondisi ini bisa membuat warna kulit berubah atau jadi kehitaman.

  • Waxing yang Berlebihan

    Dalam sejumlah kasus, waxing bisa membuat warna kulit ketiak berubah. Apalagi jika proses waxing tak dilakukan dengan benar, sel-sel kulit di area ketiak bisa rusak.

    Nah setelah penyebab diketahui kamu bisa dengan mudah mengatasi masalah kulit ketiak hitam dengan cepat.

Baca juga Katanya Cukur Rambut Ketiak Sebaiknya di Malam Hari, Kanapa Ya ?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Suka Mewarnai Rambut? Ternyata Ini Hal Penting yang Wajib Diketahui Setelah Rambut Diwarnai

Suka Mewarnai Rambut? Ternyata Ini Hal Penting yang